ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI PRODUK MIE INSTAN SEDAAP DI WILAYAH KOTA SURABAYA (Studi Pada Giant dan Carrefour Di Surabaya Selatan)

Sukistomo , Ari P (0201) ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI PRODUK MIE INSTAN SEDAAP DI WILAYAH KOTA SURABAYA (Studi Pada Giant dan Carrefour Di Surabaya Selatan). Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab 1) - Published Version
Download (281Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 2 - Daftar Pustaka) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (1211Kb)

      Abstract

      Persaingan pada dunia bisnis terjadi hampir pada seluruh jenis industri dan jasa, begitu pula pada yang terjadi pada industri Mie Instan. Mie instan merupakan salah satu kebutuhan bagi keluarga yang digunakan sebagai pengganti nasi. Peluang bisnis ini sangat menjanjikan keuntungan bagi produsen. Persaingan pada mie instan sudah menjadi persaingan gaya hidup masyarakat. Hal ini ditandai dengan banyaknya pilihan merek mie instan yang ada di pasar. Keadaan tersebut menuntut perusahaan untuk kreatif dan inovatif dalam membuat pangsa pasar terhadap produknya. Perusahaan-perusahaan Mie Instant saat ini banyak yang menawarkan produknya ke pasar, sehingga menimbulkan tingkat persaingan yang semakin ketat di antara perusahaan-perusahaan tersebut, misalnya Indomie, Supermie, Sarimi dan Gaga. Salah satu perusahaan yang mencoba ikut bersaing dalam bisnis mie instan adalah Wings Food, dengan menghasilkan produk mie instan berlabel “Mie Sedaap”. Wings Food lalu meluncurkan produk Mie Sedaap pada akhir tahun 2003. Saat ini sekitar 75% pasar mie didominasi produk-produk dari Indofood, namun pasar mie instan di Indonesia secara keseluruhan masih terbuka lebar. Dari fenomena data pada tahun 2009-2011 adanya penurunan penjualan penjualan produk mie sedaap di karenakan banyaknya bermunculan produk-produk baru dengan varian rasa yang beragam Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 112 responden dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Teknik analisis yang dipergunakan adalah Structural Equation Modeling untuk mengetahui kausalitas antar variabel yang dianalisis. Berdasarkan hasil pengolahan data, variable ekuitas merek berpengaruh (signifikan) terhadap Minat Beli, dari hasil tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa Ekuitas Merek yang baik dapat meingkatkan minat beli konsumen. Berarti semakin kuat ekuitas merek suatu produk di benak konsumen maka minat beli terhadap produk tersebut akan semakin meningkat. Artinya, model konseptual yang dikembangkan dan dilandasi oleh teori sepenuhnya benar di dudung dengan fakta di lapangan. Kata Kunci : Ekuitas Merek, Minat Beli

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5410 Marketing. Distribution of products
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 03 Apr 2014 08:35
      Last Modified: 03 Apr 2014 08:37
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5272

      Actions (login required)

      View Item