PEMAKNAAN IKLAN ROKOK A MILD VERSI “GO A HEAD DIVING” (Analisis Semiotika Terhadap Iklan A MILD versi “Go A Head Diving” di Media luar Ruang)

ELSYE , WEDNES SHEPTALINA (2011) PEMAKNAAN IKLAN ROKOK A MILD VERSI “GO A HEAD DIVING” (Analisis Semiotika Terhadap Iklan A MILD versi “Go A Head Diving” di Media luar Ruang). Undergraduate thesis, UPN "veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (302Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (533Kb)

      Abstract

      Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna yang dikomunikasikan iklan A Mild pada media luar ruang. Teori yang digunakan adalah semiotika Charles Sanders Pierce yang mengemukakan membagi antara tanda dan acuannya tersebut menjadi 3 kategori yaitu : ikon, indeks, simbol adalah tanda yang hubungannya antara penanda dan penandanya bersifat bersamaan bentuk alamiah. Kerangka berfikir yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pada Frame of Reference (berdasarkan pengetahuan) serta Field of Experience (latar belakang pengalaman). Metode semiotik dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu sebuah metode yang lebih mudah menyesuaikan diri bila dalam penelitian ini kenyataannya ganda, menyajikan secara langsung hubungan antara peneliti dengan objek peneliti, leih peka serta dapat menyesuaikan diri dengan pengaruh terhadap pola- pola nilai yang dihadapi Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa gambar. Hasil yang didapat dari interpretasi iklan A Mild adalah berupa iklan yang persuasive karena A Mild masih dalam tahap kompetitif dengan para pesaingnya. Maka dari itu A Mild berusaha membentuk citra sebagai rokok yang kreatif, semangat dan siap untuk bersaing dipasaran dengan produk- produk rokok unggulan lainnya. Iklan A Mild juga termasuk iklan komersial yang mengharapkan keuntungan dari konsumen. Kesimpulan yang didapat adalah iklan ini ingin menyampaikan pesan kepada khalayak luas yaitu untuk memiliki ingin lebih membangkitkan dan meningkatkan masyarakat agar lebih maju ke depan dan percaya diri untuk menaklukkan dan melestarikan laut yang mulai rusak karena akhir- akhir ini sering terjadi musibah. Contohnya seperti terumbun karang yang menjadi salah satu keindahan wisata bahari di laut, pasca musibah seperti tsunami yang akhir- akhir ini sering terjadi di Indonesia maka itu dengan menyelam. Dengan kita membangkitkan untuk melestarikan laut atau lingkungan yang ada di laut maka kita bias membantu membudidayakan wisata bahari yang ada di Indonesia.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 03 Apr 2014 14:46
      Last Modified: 03 Apr 2014 14:47
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5300

      Actions (login required)

      View Item