REPRESENTASI FEMINISME DALAM IKLAN "FIESTA ULTRASAFE KONDOM VERSI YESMAN" (Studi Analisis Semiotika Representasi Feminisme dalam iklan” fiesta ultrasafe kondom versi yesman” di televisi)

RARA , PRAWITASARI KUSUMASTUTI (2011) REPRESENTASI FEMINISME DALAM IKLAN "FIESTA ULTRASAFE KONDOM VERSI YESMAN" (Studi Analisis Semiotika Representasi Feminisme dalam iklan” fiesta ultrasafe kondom versi yesman” di televisi). Undergraduate thesis, UPN "veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1986Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (1915Kb)

      Abstract

      Pada penelitian ini yang mendasari peneliti untuk hanya menganalisa konsep feminisme dari tokoh permpuan yang terdapat dalam iklan tersebut dan bukan merepresentasikan iklan secara keseluruhan adalah karena tokoh perempuan dalam iklan Fiesta Ultrasafe Kondom memiliki peran yang sangat sentral dan menimbulkan tandatanya besar dimana dalam konsep feminisme seorang perempuan yng seharusnya nampak lemah lembut namun malah terlihat begitu dominan dan agresif terhadap lawan jenisnya. Representasi adalah konsep yang menunjuk baik pada proses maupun produk dari pemaknaan suatu tanda. Representasi juga bisa berarti proses perubahan konsep-konsep ideologi yang abstrak dalam betuk-bentuk yang kongkret. Iklan sebagai bahasa memberikan tanda-tanda tempat makna produksi. citraan visual dalam iklan merupakan konsep yang akan dipertukarkan dalam proses representasi. Representasi dalam iklan Fiesta Ultrasafe Kondom versi yesman, terjadi pada tokoh perempuan dalam iklan tersebut. Berdasarkan hasil analisis dan interpretasi terhadap representasi kedua tokoh laki-laki dan perempuan dalam iklan Fiesta Ultrasafe Kondom Versi yesman di televisi, dapat ditarik kesimpulan bahwa iklan Fiesta Ultrasafe Kondom Versi yesman di televisi ini sarat akan muatan feminisme. Dari tag line iklannya, hingga cerita yang dibangun melalui paradigma dan sintagma baik pada level realitas maupun level representasi. Iklan televisi iklan Fiesta Ultrasafe Kondom Versi Yesman di televisi ini dapat mematahkan stereotip di masyarakat bahwa perempuan selalu menjadi warga kelas dua di belakang laki-laki, namun perempuan juga dapat melakukan aktivitas sama dengan laki-laki. Model perempuan dalam iklan ini dapat menunjukkan eksistensinya di dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya pelengkap atau warga kelas dua. Muatan feminisme yang terkandung dalam iklan Fiesta Ultrasafe Kondom Versi Yesman di televisi tersebut diharapkan mampu memberikan pengetahuan pada masyarakat mengenai feminisme, sekaligus menyadarkan masyarakat bahwa perempuan tidak selalu menjadi warga kelas dua, namun juga bisa menjadi yang terdepan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 03 Apr 2014 16:31
      Last Modified: 03 Apr 2014 16:32
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5314

      Actions (login required)

      View Item