PENGARUH PAJAK REKLAME DAN PAJAK HIBURAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA SURABAYA ( Studi Pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya )

FAIZAH , WACHDIN (2010) PENGARUH PAJAK REKLAME DAN PAJAK HIBURAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA SURABAYA ( Studi Pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya ). Undergraduate thesis, Faculty of economic.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (133Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (347Kb)

      Abstract

      PENGARUH PAJAK REKLAME DAN PAJAK HIBURAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA SURABAYA ( Studi Pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya ) Oleh FAIZAH WACHDIN Abstraksi Pembangunan Nasional Indonesia bertujuan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur melalui peningkatan taraf hidup, kecerdasan dan kesejahteraan seluruh rakyat dalam rangka mewujudkan tujuan dari pembangunan nasional, maka pelaksanaan pembangunan harus merata diseluruh Tanah Air dan ini tidak terlepas dari adanya pembangunan daerah merupakan bagian yang sangat penting dari pembangunan nasional. Guna memperlancar pembangunan nasional maka perlu digunakan suatu dana yang berasal dari penerimaan Negara yaitu dari Pemungutan Pajak Daerah. Pemungutan Pajak Daerah merupakan perwujudan dari pengabdian dan peran wajib pajak untuk langsung dan bersama-sama melaksanakan kewajiban perpajakan yang diperlukan untuk pembiayaan Negara dan Pembangunan Nasional. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Pajak Reklame dan Pajak Hiburan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tentang Pajak Reklame, Pajak Hiburan dan Pendapatan Asli Daerah pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya sepanjang tahun, sejak bergabungnya Dinas Pendapatan Daerah dengan bagian Keuangan Sekretariat Daerah menjadi Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga sampelnya hanya memakai Data Pemerintah Kota Surabaya yang masih lengkap dan dapat diobservasi hanya untuk 6 tahun yaitu dari tahun 2004 sampai dengan tahun 2009 dan Data Pemerintah Kota Surabaya yang masih relevan dengan keadaan saat ini. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik regresi linier berganda dengan menggunakan uji hipotesis uji F dan Uji t. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis penelitian, maka dapat disimpulkan model regersi linear yang dihasilkan cocok untuk melihat pengaruh pajak reklame dan pajak hiburan terhadap pendapatan asli daerah, hipotesis yang menyatakan Pajak Reklame berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya tidak teruji kebenarannya dan hipotesis yang menyatakan Pajak Hiburan berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya teruji kebenarannya. Kata Kunci : Pajak Reklame, Pajak Hiburan, Pendapatan Asli Daerah

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      H Social Sciences > HJ Public Finance
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 02 Mar 2011 11:13
      Last Modified: 02 Mar 2011 11:13
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/532

      Actions (login required)

      View Item