PENGARUH RASIO KEUANGAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH PASAR SURYA DI SURABAYA PERIODE (2005-2008)

Nanik , Sulistyawati (2010) PENGARUH RASIO KEUANGAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH PASAR SURYA DI SURABAYA PERIODE (2005-2008). Undergraduate thesis, Faculty of economic.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (205Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (326Kb)

      Abstract

      PENGARUH RASIO KEUANGAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH PASAR SURYA DI SURABAYA PERIODE (2005-2008) Nanik Sulistyawati Abstrak Laporan keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan merupakan salah satu sumber informasi mengenai posisi keuangan perusahaan, kinerja serta perubahan posisi keuangan perusahaan yang sangat berguna untuk mendukung pengambilan keputusan yang tepat. Pemberian informasi kepada pihak luar seperti investor, kreditor dan pemakai lain dalam pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan bisa menyangkut bidang manajerial dan operasional baik jangka pendek maupun jangka panjang. Hasil keputusan akan dideskripsi pada laporan keuangan perusahaan seperti neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji, menganalisis, dan mengetahui apakah rasio lancar, rasio hutang atas modal, return on assets, return on equity, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kinerja keuangan pada Perusahaan Daerah Pasar Surya di Surabaya. Variabel penelitian adalah Rasio Lancar (Xı), Rasio Hutang atas Modal (X2), Return On Assets (X3), Return On Equity (X4), Ukuran Perusahaan (X5) dan kinerja keuangan (Y). Sampel penelitian ini adalah Laporan keuangan Perusahaan Daerah Pasar Surya selama lima tahun sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu teknik penarikan sampel non-probabilitas yang menyeleksi responden-responden berdasarkan ciri-ciri atau sifat khusus yang dimiliki oleh sampel sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan teknik analisis regresi linier be Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan diduga Variabel – variabel rasio keuangan (rasio lancar, rasio hutang atas modal, return on equity, ukuran perusahaan), berpengaruh terhadap kinerja Perusahaan Daerah Pasar Surya di Surabaya periode (2004-2008), walaupun berdasarkan hasil analisis bahwa model regresi linier berganda yang digunakan untuk menganalisis ini cocok, namun hanya variabel return on asset yang terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Keywords: Rasio Lancar, Rasio Hutang atas Modal, Return On Assets, Return On Equity dan kinerja keuangan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      H Social Sciences > HG Finance
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 02 Mar 2011 11:29
      Last Modified: 02 Mar 2011 11:30
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/537

      Actions (login required)

      View Item