PENGARUH PERTAMBAHAN DANA DAN BESARNYA GAJI TERHADAP Jumlah PEMBERIAN KREDIT SIMPAN PINJAM PADA KPRI GURU JAYA SAMPANG MADURA

Alfina, - (2010) PENGARUH PERTAMBAHAN DANA DAN BESARNYA GAJI TERHADAP Jumlah PEMBERIAN KREDIT SIMPAN PINJAM PADA KPRI GURU JAYA SAMPANG MADURA. Undergraduate thesis, Faculty of economic.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (52Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (314Kb)

      Abstract

      PENGARUH PERTAMBAHAN DANA DAN BESARNYA GAJI TERHADAP Jumlah PEMBERIAN KREDIT SIMPAN PINJAM PADA KPRI GURU JAYA SAMPANG MADURA Abstrak Alfina Pada era globalisasi saat ini perekonomian di Indonesia telah menjadi transformasi dari perekonomian tradisional menjadi perekonomian modern, hal ini melahirkan kondisi yang positif dalam pertumbuhan dan perkembangan koperasi perkotaan akan dapat selalu memberikan sumbangan yang telah berarti dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat perkotaan. Koperasi Indonesia adalah Badan Usaha yang keberadaannya di pandang khusus di Indonesia, yang merupakan salah satu dari sektor ekonomi disamping sektor swasta dan Badan Usaha Milik Negara sehingga perlu dikembangkan sedemikian rupa agar keberadaannya mempunyai peranan bagi perkembangan ekonomi masyarakat, khususnya bagi kesejahteraan anggotanya. Di tengah kondisi bangsa yang dilanda krisis ekonomi, koperasi diharapkan dapat menempatkan diri sebagai salah satu kegiatan ekonomi yang sejajar dengan kegiatan ekonomi yang lain yang telah ada, untuk masalah dalam penelitian ini adalah apakah pertambahan dana dan besarnya gaji berpengaruh terhadap keputusan pemberian kredit simpan pinjam dan variabel manakah yang paling berpengaruh antara pertambahan dana dan besarnya gaji terhadap Jumlah pemberian kredit simpan pinjam. Obyek dalam penelitian ini adalah Koperasi Pegawai Negeri “Guru Jaya” yang berlokasi di Sampang Madura. Data yang digunakan adalah data selama periode 10 tahun yaitu data tahun 2000 sampai dengan 2009. Untuk membuktikan hipotesis yang diajukan maka dalam penelitian ini digunakan teknik analisis regresi linier berganda dan uji F untuk pengaruh simultan dan uji t untuk pengaruh parsial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama yang menyatakan bahwa pertambahan dana dan besarnya gaji berpengaruh terhadap keputusan pemberian kredit simpan pinjam tidak terbukti kebenarannya, karena yang berpengaruh terhadap jumlah pemberian kredit hanya besarnya gaji. Dan untuk hipotesis yang kedua yang menyatakan bahwa pertambahan dana mempunyai pengaruh yang paling dominan dibanding dengan besarnya gaji terhadap jumlah pemberian kredit simpan pinjam tidak dapat terbukti kebenarannya. Keywords : pertambahan dana, besarnya gaji, jumlah pemberian kredit simpan pinjam.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      H Social Sciences > HG Finance
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 02 Mar 2011 11:35
      Last Modified: 02 Mar 2011 11:35
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/538

      Actions (login required)

      View Item