PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN RASIO AKTIVITAS DALAM MEMPREDIKSI PERUBAHAN LABA PADA PERUSAHAAN METAL AND ALLIED PRODUCTS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Merry , Christine Toisuta (2010) PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN RASIO AKTIVITAS DALAM MEMPREDIKSI PERUBAHAN LABA PADA PERUSAHAAN METAL AND ALLIED PRODUCTS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, Faculty of economic.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (101Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (197Kb)

      Abstract

      PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN RASIO AKTIVITAS DALAM MEMPREDIKSI PERUBAHAN LABA PADA PERUSAHAAN METAL AND ALLIED PRODUCTS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Oleh : Merry Christine Toisuta ABSTRAK Laporan keuangan merupakan informasi yang diharapkan mampu memberi bantuan kepada pemakai untuk membuat keputusan ekonomi yang bersifat finansial. Dari laporan keuangan tersebut salah satu parameter yang yang digunakan untuk mengukur kinerja manajemen adalah laba. penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian terhadap beberapa rasio profitabilitas dan rasio aktivitas yang menyangkut kegunaannya dalam memprediksi perubahan laba. Alasan pemilihan laba akuntansi dikarenakan laba mencerminkan kinerja perusahaan, dari ukuran laba maka dapat dilihat apakah perusahaan mempunyai kinerja yang bagus atau tidak. Jika rasio keuangan dapat dijadikan sebagai prediktor perubahan laba di masa yang akan datang, temuan ini merupakan pengetahuan yang cukup berguna bagi para pemakai laporan keuangan yang secara riil, maupun potensial berkepentingan dengan suatu perusahaan. Variabel penelitian adalah net profit margin, return on investment, total asset turnover, dan inventory turnover. Sampel penelitian ini adalah perusahaan metal and allied products yang terdaftar di BEI sebanyak 6 perusahaan dengan periode pengamatan tahun 2005 sampai dengan tahun 2008. Menggunakan non probability sampling dengan metode purposives sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model regresi linier berganda yang digunakan adalah cocok atau sesuai untuk mengetahui Perubahan net profit margin (X1), Perubahan return on investment (X2), Perubahan total asset turnover (x3), dan Perubahan inventory turnover (X4) terhadap Perubahan laba (Y). Secara parsial variabel yang berpengaruh hanya net profit margin sedangkan return on investment, total asset turnover, dan inventory turnover tidak terbukti berpengaruh terhadap perubahan laba (y) Keywords : Net Profit Margin, Return On Investment, Total Asset Turnover, Inventory Turnover, Perubahan Laba.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      H Social Sciences > HG Finance
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 02 Mar 2011 11:41
      Last Modified: 02 Mar 2011 11:41
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/539

      Actions (login required)

      View Item