ANALISA BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRAKTIK PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN TEKSTIL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Dedy , Kuntarto (2010) ANALISA BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRAKTIK PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN TEKSTIL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Undergraduate thesis, Faculty of economics.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (44Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (265Kb)

      Abstract

      Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perataan laba. Penelitian ini melibatkan 6 perusahaan manufacture tekstil yang terdaftar pada bursa efek Indonesia dengan mengambil 6 tahun penelitian mulai tahun 2003 sampai dengan tahun 2008. Berdasarkan penelitian ini terdapat 3 faktor yang mempengaruhi faktor perataan laba yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas perusahaan dan leverage operasi perusahaan. Perataan laba merupakan salah satu bentuk manajemen laba sebagai sesuatu alat yang digunakan oleh manajemen untuk mengurangi fluktuasi laba yang dilaporkan agar sesuai dengan target yang diinginkan baik secara artificial maupun riil. Dari pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa perataan laba merupakan salah satu upaya para manajer perusahaan untuk mengurangi fluktuasi laba yang dilaporkan sehingga kinerja perusahaan terlihat stabil. Hasil penelitian ini adalah model regresi logistik layak digunakan dan variabel ukuran perusahaan, profitabilitas perusahaan dan leverage perusahaan secara serentak dan parsial tidak berpengaruh terhadap perataan laba, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel ukuran perusahaan, profitabilitas perusahaan dan leverage perusahaan dalam memprediksi variabel perataan laba relatif sangat rendah yaitu sebesar 12,2% dan kemungkinan lainnya disebabkan tingkat perekonomian bangsa yang tidak stabil ini terlihat dari tingginya suku bunga bank, yang dapat menghambat pertumbuhan ekonomi.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 02 Mar 2011 15:17
      Last Modified: 02 Mar 2011 15:17
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/544

      Actions (login required)

      View Item