STUDI DESKRIPTIF TENTANG PROSES PENYUSUNAN ANGGARAN DAERAH DI DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN PROVINSI JAWA TIMUR.

Dika , Rizky w. (2010) STUDI DESKRIPTIF TENTANG PROSES PENYUSUNAN ANGGARAN DAERAH DI DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN PROVINSI JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, Faculty of economics.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (73Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (423Kb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penyusunan anggaran daerah atau APBD terkait dengan penerapan pengelolaan keuangan daerah oleh Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan kependudukan Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologi. Informan ditentukan dengan teknik snow ball, yaitu penggalian data melalui wawancara mendalam dari satu responden ke responden lainya dan seterusnya sampai peneliti tidak menemukan informasi baru lagi, jenuh. Analisis data mengunakan metode miles dan hubeman yaitu: data reduction, data display dan conclusiv drawing. Fokus yang diteliti dalam penelitian ini adalah proses penyusunan anggaran daerah atau APBD di Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur mulai dari mekanisme perencanaan sampai pada proses penganggaran. Hasil dari penelitian ini adalah Mekanisme perencanaan dan penganggaran Disnakertransduk terbentuk dari suatu kebijakan yang sudah terencana dan terorganisir (Arah Kebijakan) yang berasal dari usulan-usulan APBD tahun lalu yang diangkat dan diterapkan dalam APBD tahun berikutnya yang kemudian dijabarkan sesuai program prioritas sementara dan tupoksi masing-masing SKPD di dalam rencana strategi (RENSTRA) dengan mengilhami persamaan persepsi rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) agar sejalan dengan visi misi pembangunan provinsi jawa timur. Selain itu Disnakertransduk bukan hanya sebagai Koordinator, Regulator dan Fasilitator bagi SKPD kabupaten/kota atau Pemerintah Tingkat II tetapi di dalam penerapannya di lapangan terkadang Disnakertransduk juga selain berkerjasama dengan SKPD kabupaten/Pemerintah tingkat II juga kerap bersentuhan langsung dengan lapisan masyarakat dalam pelaksanaan teknisnya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 02 Mar 2011 15:17
      Last Modified: 02 Mar 2011 15:17
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/545

      Actions (login required)

      View Item