PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN KARTU KREDIT VISA BNI ’46 SURABAYA

Wahyu Triono Muji, Basuki (2008) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN KARTU KREDIT VISA BNI ’46 SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF
Download (78Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (522Kb)

      Abstract

      Fenomena yang terjadi pada saat ini di BNI ’46 Graha Pangeran Surabaya tidak terlepas dari permasalahan yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Hal ini dapat diketahui selama 3 tahun terakhir dari tahun 2005 - 2007 telah terjadi penurunan pada pemegang kartu kredit visa BNI ’46 dari 13.964 nasabah menjadi 10.357 nasabah. (Sumber: Divisi Card Center BNI ’46 di Graha Pangeran Surabaya, Tahun 2008). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen kartu kredit jenis visa pada BNI ’46 Graha Pangeran Surabaya Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden yaitu nasabah pengguna kartu kredit visa BNI ’46 di Graha Pangeran Surabaya. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala interval dengan teknik pengukuran semantic differential scale dengan jenjang 1 - 7. Teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling yaitu metode pemilihan sampel dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria tertentu. Pengambilan sampel didasari oleh asumsi SEM bahwa besarnya sampel yaitu 5 – 10 kali parameter yang diestimasi (Augusty, 2002:98), Pada penelitian ini ada 10 indikator, sehingga jumlah sampel yang diestimasi yaitu antara 50-100. Adapun jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebesar 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM diagram yang akan mempermudah untuk melihat pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen yang akan diuji. Hasil pengujian menunjukkan bahwa relationship marketing berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan konsumen, relationship marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan kepuasan konsumen tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen kartu kredit jenis visa pada BNI ’46 Graha Pangeran Surabaya

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 10 Feb 2011 09:57
      Last Modified: 10 Feb 2011 09:57
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/55

      Actions (login required)

      View Item