Rosy , Aprieza Puspita Zandra and Sri , Trisnaningsih (2012) IMPLEMENTASI PENCATATAN TRANSAKSI KEUANGAN PADA PENJUALAN BATIK MADURA SECARA ONLINE (Studi Pada Batik Madura Raddina Dan Madani Batik Madura). In: UNSPECIFIED.
Abstract
Peneiitian ini dimaksudkan untuk mengetahui alasan dan harapan yang mendasari keputusan pelaku usaha menggunakan internet, sebagai media penjualan batik Madura secara online dengan fokus pade pada Facebook sebagai media pemasaran produk dan terbatas pada transaksi Business to Consumer, Di samping itu, penelitian ini bertujuan mengetahui secara lebih mendalam mengenai aktivitas pencatatan transaksi keuangan yang terjadi serta manfaatnya bagi kelangsungan usaha panjualan online (f)-commerce) untuk kepentingan penjualan batik Madura, penelitian ini merupakanrupakan penelilian interprelif kualitalif. teknik yang digunakan dalam pengumpulann data adalah wawancara, Observasi dan dokumentasi Hasil pengumpulan data dianaiisis dengan mereduksi data, display data dan pengambilan keesimpuian Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa alasan yang mendasari penggunaan Facebook sebagai media usaha penjualan adalah antara lain keinginan untuk mendapal penghasilan, peluang usaha yang besart sebelum toko online menjamur di Facebook, ,tidak terikat waktu dan tempat, hemat biaya, serta adanya perilaku pelanggan Temuan selanjutnya adalah penjual batik yang diteliti telah membuat pencatatan sederhana untuk mencatat transaksi keuangan yang terjadi. Batik madura Raddina telah membuat pencatatan yang cukup memadai untuk memperoleh informasi yang dapat dimanfaatkan, untuk pengembangan usaha selanjutnya, sedangkan ,bentuk pencatatan yang dibuat oleh Raddina Batik belum dapat memberikan manfaat yang diharapkan, sehingga masih perlu banyak pembenahaan kata kunci: pencatatan transaksi, e-commerce
Actions (login required)