PENGARUH LABA AKUNTANSI DAN KOMPONEN ARUS KAS TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA

Nonita , Ismaya Dewi (2010) PENGARUH LABA AKUNTANSI DAN KOMPONEN ARUS KAS TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (150Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (264Kb)

      Abstract

      Salah satu cara agar perusahaan dapat berjalan adalah dengan berinvestasi di pasar modal adalah investasi dan penanaman modal dalam bentuk saham yang merupakan pemilikan atau pembelian saham-saham perusahaan terbuka oleh para investor dengan tujuan untuk mendapatkan pendapatan (return) sebagai keuntungan. Namun, berinvestasi di pasar modal memiliki risiko yang sangat besar sehingga para investor memerlukan analisis untuk menilai kelaikan perusahaan yang akan ditanami modal untuk mengurangi risiko-risiko investasi. Laporan arus kas sebagai komponen penyusun laporan keuangan merupakan salah satu sumber informasi yang juga dapat menjadi perhatian investor. Laporan arus kas ditujukan untuk melaporkan penerimaan dan pengeluaran kas selama satu periode yang berasal dari aktivitas operasi, investasi, pendanaan. Dalam trueblood report, tujuan laporan keuangan disebutkan bahwa dasar kepentingan investor dan kreditor dalam laporan keuangan adalah aliran kas perusahaan tanpa menyebutkan income bersih. Kepentingan investor dan kreditor atas informasi aliran kas meliputi jumlah, waktu, dan tingkat ketidakpastian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah laba akuntansi, arus kas operasi dan arus kas pendanaan berpengaruh terhadap return saham pada perusahaan Food and Beverage yang go publik di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini adalah 7 perusahaan Food and Beverage yang terdaftar pada BEI pada tahun 2004-2008. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah Analisis Regresi Linier Berganda, uji kecocokan model dan uji t. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa laba akuntansi dan arus kas pendanaan tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham pada perusahaan Food and Beverage yang go publik di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan arus kas operasi berpengaruh positif terhadap return saham pada perusahaan Food and Beverage yang go publik di Bursa Efek Indonesia.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 02 Mar 2011 16:20
      Last Modified: 02 Mar 2011 16:20
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/570

      Actions (login required)

      View Item