ANALISIS RASIO LEVERAGE, RASIO LIKUIDITAS, RASIO SOLVABILITAS, RASIO PROFITABILITAS, RASIO PRODUKTIVITAS DALAM MEMPREDIKSI PERINGKAT OBLIGASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Adek , Kurnia Wulandari (2010) ANALISIS RASIO LEVERAGE, RASIO LIKUIDITAS, RASIO SOLVABILITAS, RASIO PROFITABILITAS, RASIO PRODUKTIVITAS DALAM MEMPREDIKSI PERINGKAT OBLIGASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (171Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (267Kb)

      Abstract

      Penerbitan obligasi merupakan salah satu keputusan penting yang diambil oleh manajer perusahaan dalam rangka mendapatkan modal untuk kebutuhan investasi. Investor akan mendapatkan pendapatan yang relatif stabil dengan risiko yang lebih rendah jika menginvestasikan modalnya dalam obligasi dibandingkan dengan investasi pada saham biasa. Namun demikian karena pemegang obligasi merupakan kreditur, maka mereka tidak akan mendapatkan tambahan pendapatan jika laba perusahaan meningkat. Informasi yang berupa pengumuman penerbitan obligasi tersebut akan menimbulkan reaksi dari para pelaku pasar modal. Pelaku pasar modal akan bereaksi pada waktu sebelum dan setelah pengumuman obligasi sangat sulit untuk dipahami. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kinerja keuangan berupa rasio keuangan antara perusahaan yang obligasinya masuk investment grade dengan perusahaan yang obligasinya masuk non-investment grade dan untuk mengetahui apakah variabel rasio-rasio keuangan dapat membentuk model dan dapat digunakan untuk memprediksi peringkat obligasi. Populasi yang digunakan sebagai obyek penelitian adalah 87 perusahaan yang menerbitkan obligasi dan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam penelitian ini teknik sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik purposive sampling adalah teknik penentuan sampel yang dilakukan dengan cara pengambilan sampel berdasarkan atas tujuan tertentu, maka sampel ditemukan sebanyak 22 perusahaan. Teknik analisis dengan menggunakan teknik analisis Mann Whitney dan Diskriminan. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, maka dapat kesimpulan bahwa hipotesis yang menyatakan diduga terdapat rasio keuangan yang membedakan secara signifikan antara perusahaan yang termasuk dalam investment grade dan non-investment grade dapat terbukti kebenarannya yaitu rasio likuiditas dan produktifitas, serta diduga seperangkat rasio keuangan mempunyai kemampuan membentuk model untuk memprediksi peringkat obligasi dapat terbukti kebenarannya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 02 Mar 2011 17:11
      Last Modified: 02 Mar 2011 17:11
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/572

      Actions (login required)

      View Item