PENGARUH PEMILIHAN PRESIDEN RI TAHUN 2009 TERHADAP HARGA SAHAM DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA (Event Study pada Saham Anggota JII)

Maria Qifthiyah, Alkaff (2010) PENGARUH PEMILIHAN PRESIDEN RI TAHUN 2009 TERHADAP HARGA SAHAM DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA (Event Study pada Saham Anggota JII). Undergraduate thesis, Faculty of economics.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (124Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (361Kb) | Preview

      Abstract

      Pasar modal sebagai suatu instrument ekonomi tidak dapat lepas dari berbagai pengaruh lingkungan, baik lingkungan ekonomi maupun non ekonomi. Peristiwa-peristiwa politik seperti adanya pergantian pemerintahan, pengumuman kabinet menteri, kerusuha politik pemilihan presiden akan sangat mempengaruhi harga dan volume perdagangan saham di bursa efek (pasar modal). Hal ini dikarenakan peristiwa politik berkaitan erat dengan kestabilan perekonomian suatu negara. Salah satu peristiwa politik yang dapat diuji kandungan informasinya terhadap aktivitas bursa efek adalah adanya pemilihan presiden RI secara langsung pada tanggal 8 Juli 2009. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya perbedaan abnormal return saham dan volume perdagangan saham perusahaan antara periode sebelum dan sesudah pemilihan presiden RI. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari 30 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan anggota dari Jakarta Islamic Index di tahun 2009, yang terdiri dari harga saham harian, volume perdagangan saham, dan Indeks Harga Saham Gabungan harian selama 7 hari sebelum dan 7 hari sesudah pemilihan presiden RI. Analisis statistik yang digunakan adalah uji beda dua sampel berpasangan (paired sample t-test) dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa dari 15 periode pengamatan terdapat signifikansi reaksi pasar atau abnormal return saham pada 4 periode sebelum (t-4, t-3, t-2, t-1) dan 2 periode setalah (t+6, t+7) pemilihan presiden RI tanggal 8 Juli 2009. Disimpulkan pula bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam abnormal return dan volume perdagangan antara periode 7 hari sebelum dengan 7 hari sesudah peristiwa pemilihan presiden RI tanggal 8 Juli 2009, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam abnormal return saham dan volume perdagangan antara periode 7 hari sebelum dengan 7 hari sesudah pemilihan presiden RI tanggal 8 Juli 2009 tidak terbukti kebenarannya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 02 Mar 2011 17:52
      Last Modified: 02 Mar 2011 17:52
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/593

      Actions (login required)

      View Item