PENGARUH VARIASI PRODUK DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN SEPATU LEAGUE PADA SHOWROOM SPORTINDO TUNJUNGAN PLAZA 2 SURABAYA

Indra Budhi, Wijaya (2010) PENGARUH VARIASI PRODUK DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN SEPATU LEAGUE PADA SHOWROOM SPORTINDO TUNJUNGAN PLAZA 2 SURABAYA. Undergraduate thesis, Faculty of Social Science and politics.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (245Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (1114Kb) | Preview

      Abstract

      Showroom Sportindo Tunjungan Plaza 2 Surabaya merupakan pertokoan modern milik PT. Berca Sportindo yang menawarkan dan menjual produk sepatu Multibrand ( NIKE, ADIDAS, AND1, UMBRO dan LEAGUE ) akan tetapi penjualan lebih fokus pada produk sepatu LEAGUE. Pada penelitian ini permasalahan yang timbul adalah adanya penurunan volume penjualan, oleh karena itu penulis ingin mengetahui pengaruh variasi produk dan biaya promosi terhadap volume penjualan sepatu LEAGUE pada Showroom Sportindo Tunjungan Plaza 2 Surabaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis variasi produk dan biaya promosi secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap volume penjualan LEAGUE pada Showroom Sportindo Tunjungan Plaza 2 Surabaya. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah data variasi produk dan data biaya promosi periode Bulan April 2009 sampai dengan Bulan Maret 2010. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji F, uji t dan analisis koefisien determinan, dimana variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variasi produk ( X1 ) dan biaya promosi ( X2 ), sedangkan variabel terikatnya adalah volume penjualan ( Y ). Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan serangkaian analisis uji statistik seperti analisis uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji F, uji t dan analisis koefisien determinan menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial, variabel variasi produk dan variabel biaya promo berpengaruh terhadap volume penjualan sepatu LEAGUE ( sebagai variabel terikat ). Berdasarkan dari perhitungan koefisien determinan menunjukkan angka 0,459 sehingga dapat diketahui bahwa 45,9% variasi variabel volume penjualan sepatu LEAGUE dapat dijelaskan oleh variabel variasi produk dan biaya promosi, sedangkan, 54,1%. Lainnya dijelaskan oleh variabel-variabel bebas lainnya yang tidak termasuk dalam model penelitian ini. Sebagai hasil penelitian, biaya promosi berpengaruh negatif terhadap volume penjualan sedangkan variasi produk berpengaruh positif terhadap volume penjualan sehingga manajemen perusahaan disebaiknya mempertimbangkan kembali metode promosi yang digunakan dan lebih mengembangkan kembali variasi produk yang ditawarkan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Business Administration
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 02 Mar 2011 17:52
      Last Modified: 02 Mar 2011 17:52
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/595

      Actions (login required)

      View Item