ANALISIS PENGARUH VARIABEL-VARIABEL AKUNTANSI TERHADAP BETA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Elok , Rachmania (2009) ANALISIS PENGARUH VARIABEL-VARIABEL AKUNTANSI TERHADAP BETA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (56Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (276Kb)
      Official URL: http://upnjatim.ac.id

      Abstract

      ANALISIS PENGARUH VARIABEL-VARIABEL AKUNTANSI TERHADAP BETA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Oleh : Elok Rachmania ABSTRAK Salah satu tujuan laporan keuangan adalah memberikan informasi kepada investor agar laporan keuangan dapat berguna dalam pengambilan keputusan investasi. Keputusan investor untuk menanamkan modalnya pada satu sekuritas atau portofolio tidak dapat dipisahkan dari harapan investor untuk memperoleh keuntungan atas investasi yang dilakukannya. Keputusan investasi yang menyangkut masa depan bersifat tidak pasti sehingga didalamnya mengandung unsur risiko bagi investor. Risiko yang relevan dalam suatu investasi yang didiversifikasi dengan baik adalah risiko pasar atau risiko sistematis dan dinyatakan dalam bentuk beta saham. Jika informasi laporan keuangan diharapkan berguna bagi pengambilan keputusan investasi, maka informasi laporan keuangan dalam bentuk variabel-variabel akutansi dapat digunakan untuk menilai beta saham. Adapun variabel-variabel akuntansi yang digunakan adalah dividend payout, asset size, earnings variability, total asset turn over, dan asset growth,dengan tujuan untuk menguji pengaruh variabel-variabel akuntansi yang disajikan dalam laporan keuangan terhadap beta saham sebagai cerminan risiko pada perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan sampel 19 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2004-2008 dan telah memenuhi kriteria tertentu. Analisis data dengan menggunakan model regresi linear berganda menunjukkan nilai koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0.046. Pengujian statistik dengan menggunakan uji F pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa keseluruhan variabel akuntansi dalam penelitian ini secara simultan memiliki hubungan yang tidak signifikan dengan beta saham. Sedangkan pengujian statistik dengan menggunakan uji-t, menunjukkan bahwa hanya variabel asset growth yang mempunyai hubungan signifikan dengan beta saham pada taraf 10% sedangkan variabel lainnya seperti dividend payout, asset size, earnings variablity dan total asset turn over tidak signifikan menjelaskan hubungannya dengan beta saham. Hasil penelitian ini membawa implikasi bahwa laporan keuangan belum bisa digunakan sepenuhnya sebagai sumber informasi yang reliable bagi investor. Adanya kecenderungan investor menggunakan analisis teknikal atau analisis fundamental makro ekonomi sebagai acuan dalam menilai beta saham sebagai cerminan dari risiko investasi. Keywords : Beta Saham, Dividend Payout, Asset Size, Earning Variability, Total Asset Turn Over dan Asset Growth.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 03 Mar 2011 07:57
      Last Modified: 03 Mar 2011 07:57
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/596

      Actions (login required)

      View Item