PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI DAN LEARNING ORGANIZATION TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA CV. ELRESAS LAMONGAN

Bagus Permana, Rizal (2010) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI DAN LEARNING ORGANIZATION TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA CV. ELRESAS LAMONGAN. Undergraduate thesis, Faculty of economic.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (143Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (436Kb)

      Abstract

      PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI DAN LEARNING ORGANIZATION TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA CV. ELRESAS LAMONGAN Oleh RIZAL BAGUS PERMANA ABSTRAK Kepuasan kerja digunakan sebagai dasar ukuran tingkat kematangan suatu organisasi. Salah satu gejala yang menyebabkan kurang baiknya kondisi kerja suatu organisasi adalah rendahnya kepuasan kerja. Sebaliknya kepuasan kerja yang tinggi merupakan indikasi efektivitas manajemen, yang berarti bahwa organisasi telah dikelola dengan baik. Berdasarkan observasi dilapangan, supervisi yang dilakukan, kurang adanya kerjasama dengan karyawan dan perusahaan kurang terbuka dalam melakukan evaluasi hasil pekerjaan, sehingga karyawan tidak dapat mengetahui apakah hasil kerjanya tersebut sesuai dengan prosedur yang diberikan perusahaan ataukah tidak sesuai dengan prosedur perusahaan. Penghargaan prestasi kerja kepada karyawan juga jarang dilakukan, hal ini menimbulkan pandangan bahwa kerja sungguh-sungguh dengan kerja biasa saja, penghargaan yang diperoleh sama. Dengan latar belakang diatas maka dapat mengganggu misi perusahaan dalam mencapai laba optimal. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer dalam bentuk kuisioner, adapun respondennya adalah seluruh karyawan CV. Elresas sebanyak 139 orang. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah sensus, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah Stuctural Equation Modeling ( SEM). Berdasar hasil pengujian didapatkan hasil, Faktor Kepemimpinan Transformasional berpengaruh positif terhadap Faktor Learning Organization. Faktor Budaya Organisasi tidak berpengaruh terhadap Faktor Learning Organization. Faktor Learning Organization tidak berpengaruh terhadap Faktor Kepuasan Kerja. Faktor Budaya Organisasi berpengaruh positif terhadap Faktor Kepuasan Kerja. Faktor Kepemimpinan Transformasional tidak berpengaruh terhadap Faktor Kepuasan Kerja. Keywords : Transformational Leadership, Organizational Culture, Learning Organization, Job Satisfaction.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Adi Prasetyawan
      Date Deposited: 10 Feb 2011 11:04
      Last Modified: 10 Feb 2011 11:04
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/60

      Actions (login required)

      View Item