ANALISIS KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PEMASARAN PADA UKM BATIK PEKALONGAN

FURJATUL , UDZMA (2014) ANALISIS KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PEMASARAN PADA UKM BATIK PEKALONGAN. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1) - Published Version
Download (1132Kb) | Preview
    [img] PDF (bab 2 - daftar pustaka) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (1568Kb)

      Abstract

      Dunia perindustrian saat ini sedang berkembang sangat pesat. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya perusahaan dalam berbagai macam produksinya. Kondisi yang demikian menghadapkan suatu perusahaan pada berbagai macam masalah diantaranya adalah persaingan yang kian ketat. Perusahaan – perusahaan yang menawarkan produk sejenis semakin banyak. Peningkatan kualitas merupakan salah satu cara mempertahankan eksistensi produk dalam jangka panjang yang akan memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam keunggulan daya saing. Kualitas produk telah mendapat perhatian yang sangat besar karena kualitas produk merupakan faKtor yang vital dalam menciptakan superior value bagi pelanggan. Terciptanya superior velue bagi pelanggan merupakan batu loncatan bagi perusahaan untuk memperoleh keunggulan kompetitif ( Menon, Jaworski, dan Kohli, 1997. P 187). Keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan tersebut akan mempengaruhi kinerja pasar perusahaan (Droge, et.al, 1995. P 669-670). Penelitian ini bertujuan menganalisis model konseptual Kualitas Produk kaitannya terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran UKM Batik di kota Pekalongan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada 119 UKM yang berdomisili di kota Pekalongan. Setelah melewati tahap purposive sampling, maka sampel yang layak digunakan sebanyak 115 kuisoner. Untuk pengujian data menggunakan analisis Partial Least Square (PLS). Teknik pengukuran variabel menggunakan skala interval, dengan memakai metode perbedaan semantic (semantic differentials scale). Dari hasil uji kausalitas didapatkan hasil bahwa faktor kualitas produk berpengaruh signifikan (positif) terhadap keunggulan bersaing, faktor kualitas produk berpengaruh signifikan (positif) terhadap kinerja pemasaran, dan faktor keunggulan bersaing berpengaruh signifikan (positif) terhadap kinerja pemasaran. Kata kunci: Kualitas Produk, Kinerja Pemasaran dan Keunggulan Bersaing

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 18 Jun 2014 11:17
      Last Modified: 18 Jun 2014 11:18
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/6082

      Actions (login required)

      View Item