ANALISIS PENGARUH FAKTOR PRODUK, HARGA, DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI AIR MINUM MEREK AQUA (Studi Kasus Konsumen Di Indomaret Kedurus Surabaya

Avi, Triwijayanti (2010) ANALISIS PENGARUH FAKTOR PRODUK, HARGA, DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI AIR MINUM MEREK AQUA (Studi Kasus Konsumen Di Indomaret Kedurus Surabaya. Undergraduate thesis, Faculty of Social Science and politics.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (125Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (335Kb)

      Abstract

      Pemasaran adalah salah satu kegiatan yang dapat membantu perusahaan dalam usaha memperkenalkan produk kepada konsumen, berdasarkan hal ini maka peneliti tertarik untuk mengambil judul analisis pengaruh factor produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap pengambilan keputusan membeli air minum merek aqua pada indomaret kedurus Surabaya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial variabel produk (X1), harga (X2), distribusi (X3), dan promosi (X4), terhadap keputusan pembelian (Y). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobality sampling dengan metode sampling purposive, dimana sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Penelitian bersifat kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan secara langsung dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen, jumlah responden (sampel) yang digunakan dalam penelitian ini adalah 97 responden. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan 4 prediktor. Untuk mengetahui pengaruh secara simultan uji F, secara parsial uji t, dari yang hasil yang diperoleh secara simultan variable produk (X1), harga (X2), distribusi (X3), dan promosi (X4), berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dimana dibuktikan dengan hasil F hitung lebih besar dari F tabel, berdasarkan hasil analisis secara parsial dengan uji t diketahui variable produk (X1) (thitung > ttabel), harga (X2) (thitung > ttabel), distribusi (X3) (thitung > ttabel ), dan promosi (X4) (thitung > ttabel), secara parsial terdapat pengaruh antara bauran pemasaran yang meliputi 4P terhadap keputusan pembelian dalam membeli air mnineral merek aqua adalah terbukti. Variable yang paling dominan adalah variable harga karena mempunyai nilai r2 paling terbesar. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan r2 parsial yang menunjukkan besar pengaruh masing-masing variable bebas terhadap variable terikat. Menurut kaidah pengujian apabila nilai r2 parsial paling tinggi nilai persentasenya berarti variabel tersebut mempunyai pengaruh paling dominan. Dalam hal ini variabel harga mempunyai persentase paling tinggi, sehingga dapat disimpulkan harga memiliki pengaruh paling dominan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Business Administration
      Depositing User: Fatchullah Z.A
      Date Deposited: 03 Mar 2011 11:39
      Last Modified: 03 Mar 2011 11:39
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/611

      Actions (login required)

      View Item