PENGARUH KOMPENSASI, LINGKUNGAN KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PABRIK GULA WATOETOELIS PRAMBON – KRIAN

Angga Jati , Purbaya (2010) PENGARUH KOMPENSASI, LINGKUNGAN KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PABRIK GULA WATOETOELIS PRAMBON – KRIAN. Undergraduate thesis, Faculty of Social Science and politics.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (60Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (575Kb)

      Abstract

      Di Era Globalisasi ini perkembangan perusahaan yang kian pesat dan kondisi perekonomian Indonesia yang pada saat ini tidak menentu membawa dampak pada meningkatnya persaingan yang semakin ketat dan terus berkembang dari perusahaan-perusahaan yang ada membuat semakin banyak perusahaan yang Go Publik. Pesaingan pada pabrik gula saat ini pun kian bersaing untuk memperoleh kepercayaan pada masayarakat dalam produk yang dihasilkan. Guna meningkatkan kepuasan kerja karyawan perusahaan perlu memperhatikan faktorfaktor yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja karyawan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompensasi, lingkungan kerja dan kepemimpinan secara simultan terhadap kepuasan kerja karyawan pada Pabrik Gula Watoetoelis Prambon-Krian dan untuk mengetahui pengaruh kompensasi, lingkungan kerja dan kepemimpinan secara parsial terhadap kepuasan kerja karyawan pada Pabrik Gula Watoetoelis Prambon-Krian. Populasi yang diambil dalam penelitian adalah karyawan Pabrik Gula Watoetoelis Prambon-Krian, Bagian Instalasi, yang berjumlah 120 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Stratifet Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan data kuesioner. Jenis data menggunakan kuantitatif dengan serangkaian hasil observasi. Hasil dan kesimpulan dari penelitian yang diperoleh persamaan regresi model diketahui bahwa variabel kompensasi, lingkungan kerja dan kepemimpinan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan kerja karyawan dengan menunjukkan adanya arah positif. Variabel kompensasi, lingkungan kerja, dan kepemimpinan berpengaruh parsial terhadap kepuasan kerja karyawan pada Pabrik Gula Watoetoelis Prambon-Krian adalah diterima dengan nilai thitung sebesar 2.082 dengan nilai sig 0.040 untuk X1, thitung sebesar 2.014 dengan nilai sig 0.047 untuk X2, thitung sebesar 2.782 dengan nilai sig 0.007 untuk X3. sehingga dapat diartikan semakin sesuainya kompensasi dan didukung oleh lingkungan kerja yang baik, serta kepemimpinan yang efektif akan memiliki pengaruh pada peningkatan kinerja karyawan, yang dapat menguntungkan bagi pihak Pabrik Gula Watoetoelis Prambon-Krian .

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Business Administration
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 03 Mar 2011 11:39
      Last Modified: 03 Mar 2011 11:39
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/614

      Actions (login required)

      View Item