PEMANFAATAN TEKNOLOGI INTERNET PADA MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran“ Jatim)

Tyas Shinta, Purdisari (2010) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INTERNET PADA MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran“ Jatim). Undergraduate thesis, Faculty of Social Science and politics.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (197Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (391Kb)

      Abstract

      Internet merupakan salah satu teknologi informasi yang banyak digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat saat ini. Apabila menggunakan sarana internet dengan cara mengakses pada salah satu situs internet, kemajuan teknologi ini semakin bisia memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat yang menggunakannya. Internet berfungsi sebagai Pusat Pembelajaran dan Pendidikan. Sebagai pusat pembelajaran, internet sangat kaya akan informasi tentang ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi lainnya, sehingga internet sangat terkenal sebagai perpustakaan digital. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jatim PTS di Surabaya berusaha melengkapi kebutuhan mahasiswa dalam memperoleh akses internet, fasilitas wifi yang ada ditujukan agar membantu proses belajar mengajar. Sehingga mahasiswa tersebut dapat meningkatkan pengetahuan yang mereka miliki. Karena teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpersonal (misalnya email dan chatting). Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu sebagai media interpersonal dan massa yang bersifat interaktif, memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron. Adapun jenis peneltiian yang digunakan disini adalah dengan menggunakan penelitian deskriptif, dimana penelitia hanya menguraikan kondisi yang ada dan memberikan analisis terhadap fenomena tersebut. Sebagai responden digunakan 82 data dari responden dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Hasil studi menunjukkan bahwa dari faktor-faktor yang diamati dalam penelitian (umum, permainan, jejaring sosial, entertainment (hiburan), bisnis (perdagangan), pendidikan, blog). Ternyata hanya faktor bisnis (usaha) yang tidak dipertimbangkan oleh mahasiswa pada saat mereka mengakses internet.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Business Administration
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 03 Mar 2011 11:39
      Last Modified: 03 Mar 2011 11:39
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/619

      Actions (login required)

      View Item