PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL DAN RESIKO SISTEMATIS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN TEKSTIL YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA

OCKYVIDYA , KURNIAWAN (2010) PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL DAN RESIKO SISTEMATIS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN TEKSTIL YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (221Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (407Kb)

      Abstract

      PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL DAN RESIKO SISTEMATIS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN TEKSTIL YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA Oleh : OCKYVIDYA KURNIAWAN Abstrak Krisis keuangan global telah berdampak negatif pada perkonomian dunia. Efek negatif dari resesi ekonomi global ini bagi peindustrian tekstil di Indoneisa yaitu menurunnya ekspor ke negara lain, kerusakan infrastruktur, menurunnya daya beli masyarakat, kalah bersaing dengan barang import, mahalnya harga bahan baku, dan berfluktuasinya harga saham perusahaan tekstil yang go public di Bursa Efek Indonesia. Perusahaan harus berani memainkan harga sahamnya agar menarik para investor untuk berinvestasi pada perusahaan tersebut. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan harga saham yaitu faktor internal sebagai faktor fundamental yang berasal dari dalam perusahaan dan dapat dikendalikan oleh manajemen perusahaan, dan faktor eksternal yang bersifat makro seperti situasi politik dan keamanan, perubahan nilai tukar mata uang, naik turunnya suku bunga bank dan lain-lain. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 8 perusahaan tekstil yang telah Go publik dan terdaftar di PT. Bursa Efek Indonesia tahun 2005 – 2008, sedangkan jenis data yang digunakani adalah data kuantitatif, sedangkan dilihat dari cara memperolehnya, data yang dipergunakan merupakan data sekunder yaitu data keuangan perusahaan seperti Return On Assets (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), dan Resiko Sistematik (Beta Saham) serta data Harga saham. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dan untuk menguji hipótesis digunakan teknik análisis regresi linier berganda. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil analisis regresi linier berganda adalah Return On Assets (X1), Debt Equity Ratio (X2) dan Risiko Sistematik (X3) tidak berpengaruh sigifikan terhadap Harga Saham (Y) baik secara simultan dan parsial, dan tidak adanya variabel bebas yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap harga saham perusahaan tekstil yang go public di Bursa Efek Indonesia., sehingga hipotesis ke-1 dan 2 tidak teruji kebenarannya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      H Social Sciences > HG Finance
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 03 Mar 2011 11:34
      Last Modified: 03 Mar 2011 11:34
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/620

      Actions (login required)

      View Item