ANALISIS PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITY, CAPITAL EXPENDITURE, FIRM SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN KIMIA DAN FARMASI DI BEI

Taufiq , Hermawan (2010) ANALISIS PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITY, CAPITAL EXPENDITURE, FIRM SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN KIMIA DAN FARMASI DI BEI. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (176Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (293Kb)

      Abstract

      Keadaan Ekonomi Indonesia yang masih belum stabil akibat krisis ekonomi berpengaruh terhadap peluang pertumbuhan (growth opportunity) perusahaan – perusahaan di Indonesia. Ketersediaan dana yang cukup dan berangsur-angsur pulihnya kondisi ekonomi Indonesia merupakan perangsang bagi perusahaan dalam berinvestasi yang pada akhirnya akan meningkatkan nilai perusahaan. Namun pada tahun 2008 keadaan ekonomi Indonesia kembali tidak stabil akibat dampak dari krisis ekonomi global. Hal ini menyebabkan banyak perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan yang juga menurunkan nilai perusahaan. Keputusan pembelanjaan yang diambil oleh menejer setiap perusahaan berbeda-beda. Perusahaan dengan growth opportunity tinggi cenderung membelanjai pengeluaran investasi dengan modal sendiri untuk menghindari masalah underinvestment. Sedangkan, perusahaan dengan growth opportunity rendah cenderung membelanjai pengeluaran investasi dengan hutang untuk mengurangi masalah free cash flow, karena pihak pemilik (shareholders) tidak ingin menyalahgunakan cash flow yang menganggur. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganlisis pengaruh struktur modal, profitability, capital expenditure, firm size terhadap nilai perusahaan pada perusahaan kimia dan farmasi di BEI. Dalam penelitian ini menggunakan 4 variabel bebas yaitu variabel Struktur Modal (X1), Profitability (X2), Capital Expenditure (X3), dan Firm Size (X4). Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Nilai Perusahaan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok perusahaan kimia dan farmasi yang terdaftar di BEI. Sebanyak 17 perusahaan diambil sebagai sampel dengan meggunakan metode purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan mendapatkan hasil bahwa variabel Struktur Modal (X1) tidak signifikan negatif terhadap Nilai Perusahaan (Y). Variabel Profitability (X2) berpengaruh signifikan positif terhadap Nilai Perusahaan (Y). Variabel Capital Expenditure (X3) tidak signifikan positif terhadap Nilai Perusahaan (Y). Dan variabel Firm Size (X4) tidak signifikan negatif terhadap Nilai Perusahaan (Y).

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 03 Mar 2011 11:42
      Last Modified: 03 Mar 2011 11:42
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/624

      Actions (login required)

      View Item