ANALISA FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS PADA SEGMEN JALAN BY-PASS KRIAN - BALONGBENDO (KM.26+000-KM.44+520)

Nugroho, Utomo (2012) ANALISA FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS PADA SEGMEN JALAN BY-PASS KRIAN - BALONGBENDO (KM.26+000-KM.44+520). Jurnal Teknik Sipil Kern, 2 (2).

[img]
Preview
PDF
Download (8Mb) | Preview

    Abstract

    Suatu peristiwa kecelakaan lalu lintas sangat beragam baik dari proses kejadiannya maupun faktor penyebabnya. Untuk kepentingan penanggulangannya diperlukan suatu adanya suatu pola yang dapat menggambarkan karakteristik proses kejadian suatu kecelakaan lalu lintas, agar dapat disimpulkan faktor penyebabnya supaya dapat dirumuskan pula upaya penanggulangannya. Banyaknya kejadian kecelakaan yang terjadi pada ruas jalan By-Pass Krian-Balongbendo mengakibatkan banyaknya kerugian, baik kerugian materil dan non materiil pada para pengendara tersebut. Dengan dasar ini perlu dilakukan analisa kecelakaan terhadap tingginya tingkat kecelakaan sehingga dapat diketahui faktor-faktor penyebabnya, daerah rawan kecelakaan (blacl<spot), dan mencari solusi penyelesaian yang tepat untuk meminimalisasi kecelakaan yang sering terjadi pada ruas jalan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif-analitis. Deskriptif berarti memaparkan suatu kejadian sesuai dengan kondisi yang ada, sedangkan analitis berarti data{ata yang terkumpul disusun, dianalisa dan dijelaskan sesuai dengan parameter yang ada. Model analisa dengan menggunakan ANOVA untuk uji pengaruh ruas jalan terhadap jumlah kecelakaan, uji validitas dan reliabilitas dari pendapat responden tentang faktor kecelakaan pada ruas jalan tersebut. Sehingga diperoleh gambaran kecelakaan yang jelas dan dapat dicari solusi penyelesaiannya. Dari hasil analisa didapatkan faktor-faktor kecelakaan pada ruas jalan By-Pass Krian- Balongbendo adalah faktor manusia (79,91Yo), faktor kendaraan (12,66oh), faktor jalan (4,37%) dan faktor lingkungan (3,06%). Daerah rawan kecelakaan terdapat pada Km 37+300-Km -+0+400 dan didominasi sepeda motor (41,23%). Salah satu alternatif penyelesaian adalah dengan diberi kanalisasi atau jalur khusus berupa marka jalan untuk kendaraan sepeda motor. Kata kunci : kecelakaan lalu lintas, by-pass Krian - Balongbendo

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE331 Traffic Engineering. Road and Highways. Streets
    Divisions: UPN Jatim Journal
    Depositing User: Users 2 not found.
    Date Deposited: 14 Oct 2014 13:35
    Last Modified: 14 Oct 2014 13:36
    URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/6361

    Actions (login required)

    View Item