APLIKASI SISTEM INFORMASI PADA PELAYANAN PENUMPANG DI FASILITAS CHECK IN COUNTER TERMINAL DOMESTIK BANDAR UDARA JUANDA SURABAYA

Nugroho, Utomo and Nur Cahyo, Wibowo and Iwan , Wahjudijanto APLIKASI SISTEM INFORMASI PADA PELAYANAN PENUMPANG DI FASILITAS CHECK IN COUNTER TERMINAL DOMESTIK BANDAR UDARA JUANDA SURABAYA. Project Report. UPN "Veteran" Jatim, Surabaya.

[img]
Preview
PDF
Download (618Kb) | Preview

    Abstract

    Antrian dalam kehidupan sehari - hari sangat sering dijumpai terutama pada fasilitas pelayanan umum. Dalam hal ini antrian terjadi pada saat ada pihak yang harus menunggu untuk mendapatkan pelayanan. Suatu proses antrian (queuing process) adalah suatu proses yang berhubungan dengan kedatangan seorang pelanggan pada suatu fasilitas pelayanan, kemudian menunggu dalam suatu baris (antrian). Antrian terbentuk jika banyaknya yang akan dilayani melebihi kapasitas yang tersedia. Dalam banyak hal, penambahan jumlah l ayanan dapat dipenuhi untuk mengurangi antrian atau menghindari antrian yang terus membesar. Seperti yang terjadi pada Bandar Udara Juanda, setelah mengalami renovasi dan mulai dioperasikan pada tanggal 16 November 2006, bandara terbesar kedua di Indonesia itu didesain untuk menampung penumpang sebanyak 15 ribu orang per hari atau kira - kira 6 – 7 juta penumpang per tahun dengan jumlah penerbangan yakni 8 penerbangan internasional dan 16 penerbangan domestik (Mardoko, 2008). Pada akhir tahun 2009 jumlah pen umpang sudah di atas 10 juta orang sehingga terjadi kenaikan sekitar 12% dari tahun 2008 yang hanya 8,88 juta orang. Sedangkan selama tiga tahun terakhir pertumbuhan penumpang mencapai 42,8%. Jadi dapat dikatakan jumlah penumpang di Bandar Udara Juanda sud ah sangat padat. Hal ini ditunjukkan dengan melonjaknya arus penumpang dalam bulan Agustus – September 2011 . Saat jam - jam sibuk pukul 06.00 – 11.00, di pintu masuk penumpang domestik pada bandar udara itu selalu diwarnai antrian panjang. Di antara jam - jam sibuk itu, yakni puncaknya pukul 07.00 hingga pukul 09.00 tampak antrian calon penumpang di depan check - in counter pada setiap maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandar Udara Juanda. untuk keperluan boarding pass menghabiskan waktu antara 10 - 15 menit, sebelum berangkat sesuai tujuan masing - masing . Untuk mengetahui karakteristik antrian pada fasilitas check in counter tersebut secara mikro maka perlu dilakukan analisis dengan pendekatan teori antrian (distribusi Poisson ) dan cara varying arrival rate un tuk tiap - tiap maskapai penerbangan yang beroperasi. Karakteristik antrian penumpang pada fasilitas pelayanan di check in counter bandar udara Juanda Surabaya adalah terjadinya penumpukan penumpang yang signifikan dalam hal ini ditunjukkan oleh antrian pen umpang pada fasilitas check in counter pada maskapai penerbangan Lion Air dan Air Asia terutama pada jadwal penerbangan pagi dan sore, yakni: untuk maskapai penerbangan Lion Air lonjakan jumlah penumpang terjadi pada hari senin pagi (06.00 - 09.00) yakni seb esar 94 penumpang yang dilayani oleh server 2, pada hari sabtu sore (15.00 - 18.00) sebesar 102 penumpang yang dilayani oleh server 2 dan 4 serta pada hari minggu sore (15.00 - 18.00) sebesar 104 penumpang yang dilayani oleh server 3 . Sedangkan u ntuk maskapai penerbangan Air Asia, lonjakan jumlah penumpang terjadi pada hari senin sore (15.00 - 18.00) yakni sebesar 90 penumpang yang dilayani oleh server 1, pada hari sabtu pagi (06.00 - 09.00) yakni sebesar 91 penumpang dan pada hari sabtu sore (15.00 - 18.00) yakni s ebesar 93 penumpang yang dilayani oleh server 2, serta pada hari minggu sore (15.00 - 18.00) yakni sebesar 96 penumpang yang dilayani oleh server 1. Kem udian dari output yang dihasilkan dapat disajikan dengan aplikasi sist em informasi yakni dengan menggunaka n database management system MS SQL Server 2000 . Melalui aplikasi ini penumpang dapat mengetahui secara langsung alur dan durasi antrian pada tiap - tiap check in counter dari maskapai penerbangan secara terintegrasi serta diharapkan dapat memberikan 2 informasi secara terkini bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan dengan sarana transportasi udara.

    Item Type: Monograph (Project Report)
    Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55.4 Industrial engineering. Management engineering > T58.6 Management information systems
    Divisions: UPN Jatim Journal
    Depositing User: Users 2 not found.
    Date Deposited: 14 Oct 2014 13:48
    Last Modified: 14 Oct 2014 13:48
    URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/6363

    Actions (login required)

    View Item