ANALISIS RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN FOOD & BEVERAGES YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA

Dian , Anggraeni (2010) ANALISIS RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN FOOD & BEVERAGES YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (151Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (367Kb)

      Abstract

      ANALISIS RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN FOOD & BEVERAGES YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA Oleh Dian Anggraeni ABSTRAK Seiring dengan krisis multi dimensi yang melanda Indonesia terutama pada aspek perekonomian, berdampak pada kegiatan ekonomi bahwa ratusan perusahaan terancam bangkrut. Perusahaan harus dapat memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada agar dapat terus bertahan dan berkembang. Hal ini mendorong perusahaan untuk lebih hati-hati dalam menjalankan usahanya secara lebih efektif, efisien dan ekonomis sehingga akan mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya untuk dapat menjaga kelangsungan hidupnya dalam jangka panjang. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rasio Total Assets Turnover, Inventory Turnover, Net Profit Margin, Return On Equity, Return On Assets mampu dalam memprediksi pertumbuhan laba di masa mendatang dan untuk menguji dan membuktikan rasio Total Assets Turnover, Inventory Turnover, Net Profit Margin, Return On Equity, Return On Assets mampu dalam memprediksi pertumbuhan laba di masa mendatang. Data laporan keuangan mulai tahun 1984 sampai dengan tahun 2010 dari 20 perusahaan Food & Beverages yang go publik di Bursa Efek Indonesia merupakan populasi dari penelitian dan 40 data laporan keuangan dari 10 perusahaan yang dijadikan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai VIF pada variabel Return On Assets sebesar 20,573 berarti lebih dari angka 10 terjadi multikolinearitas, sehingga variabel Return On Assets tidak diikutsertakan pada pengujian selanjutnya. Berdasarkan hasil uji F dan uji t setelah variabel Return On Assets dikeluarkan, menyimpulkan bahwa Total Assets Turnover, Net Profit Margin dan Return On Equity tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba, sehingga hipotesis penelitian ini yang menyatakan bahwa “diduga Rasio Total Assets Turnover, Inventory Turnover, Net Profit Margin, Return On Equity dan Return On Assets dapat mempengaruhi pertumbuhan laba di masa mendatang pada perusahaan Food and Beverages”, tidak teruji kebenarannya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      H Social Sciences > HG Finance > HG4001 Finance management. Business Finance. Corporation finance
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 03 Mar 2011 15:40
      Last Modified: 03 Mar 2011 15:40
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/652

      Actions (login required)

      View Item