PENGARUH PENERAPAN SELF ASSESSMENT SYSTEM TERHADAP KECENDERUNGAN PENGHINDARAN PAJAK PENGHASILAN (Studi Kasus Wajib Pajak Penghasilan Orang Pribadi Pada KPP Pratama Sidoarjo Barat)

Nur , Kamila Jilan Maulida (2010) PENGARUH PENERAPAN SELF ASSESSMENT SYSTEM TERHADAP KECENDERUNGAN PENGHINDARAN PAJAK PENGHASILAN (Studi Kasus Wajib Pajak Penghasilan Orang Pribadi Pada KPP Pratama Sidoarjo Barat). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (164Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (574Kb)

      Abstract

      PENGARUH PENERAPAN SELF ASSESSMENT SYSTEM TERHADAP KECENDERUNGAN PENGHINDARAN PAJAK PENGHASILAN (Studi Kasus Wajib Pajak Penghasilan Orang Pribadi Pada KPP Pratama Sidoarjo Barat) Oleh : Nur Kamila Jilan Maulida ABSTRAK Penerimaan negara terbesar untuk mewujudkan tujuan Pembangunan Nasional adalah dari sektor pajak, Salah satu jenis pajak di Indonesia adalah pajak penghasilan. Sistem perpajakan di Indonesia adalah Self Assessment System yaitu wajib pajak diberi kepercayaan untuk menghitung, membayar dan melaporkan sendiri pajak terutangnya sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku. Dalam Self Assessment System, wajib pajak harus memenuhi prasyarat yaitu memiliki kesadaran, kejujuran, hasrat membayar dan kedisiplinan. Namun permasalahan yang dihadapi oleh wajib pajak di Indonesia adalah belum siapnya masyarakat menerapkan self assessment system secara murni. Hal ini disebabkan belum cukupnya pengetahuan perpajakan mengenai kesadaran dan kejujuran dalam melaporkan perhitungan pajak penghasilannya dengan benar dan lengkap sesuai ketentuan perpajakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan membuktikan secara empirik apakah kesadaran, kejujuran, hasrat membayar, dan kedisiplinan wajib pajak mempunyai pengaruh terhadap penghindaran pajak penghasilan. Variabel yang digunakan adalah Kesadaran Wajib Pajak, Kejujuran Wajib Pajak, Hasrat Membayar Pajak, Kedisiplinan Wajib Pajak, dan Penghindaran Pajak. Teknik Pengukuran variabel yang digunakan adalah semantic differential. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak penghasilan orang pribadi pada KPP Pratama Sidoarjo Barat. Dalam penelitian ini menggunakan jenis data primer yang langsung diperoleh dari sumber data berupa kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari KPP Pratama Sidoarjo Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Incidental Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh terhadap kecenderungan Penghindaran Pajak, sedangkan Kejujuran Wajib Pajak, Hasrat Membayar Pajak, dan Kedisiplinan Wajib Pajak tidak berpengaruh terhadap kecenderungan Penghindaran Pajak.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG201 Money
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 03 Mar 2011 15:52
      Last Modified: 03 Mar 2011 15:52
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/653

      Actions (login required)

      View Item