ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN (LEMBAGA PEMBIAYAAN) DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2005-2007

AD. , Laurentius Christian B.P (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN (LEMBAGA PEMBIAYAAN) DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2005-2007. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (159Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (255Kb)

      Abstract

      ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN (LEMBAGA PEMBIAYAAN) DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2005-2007 Oleh: AD. Laurentius Christian B.P Abstrak Perkembangan pasar modal di Indonesia berdampak peningkatan permintaan akan audit laporan keuangan oleh para pemakai informasi keuangan sebagai prediksi dan pengambilan keputusan dalam berinvestasi. Salah satu kriteria profesionalisme dari auditor adalah ketepatan waktu penyampaian laporan auditnya. Perbedaan waktu antara tanggal laporan keuangan dengan tanggal opini audit dalam laporan keuangan sering dinamai dengan audit delay. Faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi audit delay yaitu (1) Ukuran perusahaan, (2) Laba rugi perusahaan, (3) Ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP). Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan pengaruh ditinjau dari laba/rugi perusahaan dan ukuran kantor akuntan publik (KAP) atas ukuran perusahaan terhadap audit delay. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan (lembaga pembiayaan) go publik di BEJ tahun 2005-2007 dengan jumlah sampel 10 perusahaan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Alat analisis data yang digunakan statistik deskriptif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 17.0. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa dari ketiga variabel yang dipakai yakni variabel ukuran perusahaan, laba rugi perusahaan dan ukuran Kantor Akuntan Perusahaan (KAP), ternyata hanya variabel ukuran Kantor Akuntan Publik yang terdapat perbedaan pengaruh negatif terhadap audit delay atas ukuran perusahaan terbukti kebenarannya sedangkan variabel ukuran perusahaan dan laba rugi perusahaan terdapat perbedaan pengaruh positif terhadap audit delay tidak terbukti kebenarannya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      H Social Sciences > HG Finance > HG4001 Finance management. Business Finance. Corporation finance
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 03 Mar 2011 15:51
      Last Modified: 03 Mar 2011 15:52
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/655

      Actions (login required)

      View Item