IMPLEMENTASI DAN PELAKSANAAN PROGRAM KEMITRAAN DAN PROGRAM BINA LINGKUNGAN SEBAGAI WUJUD TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN KEPADA STAKEHOLDERS DI PERUSAHAAN PERTAMINA UPMS V SURABAYA

Bandang , Maulana (2010) IMPLEMENTASI DAN PELAKSANAAN PROGRAM KEMITRAAN DAN PROGRAM BINA LINGKUNGAN SEBAGAI WUJUD TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN KEPADA STAKEHOLDERS DI PERUSAHAAN PERTAMINA UPMS V SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (107Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (296Kb)

      Abstract

      IMPLEMENTASI DAN PELAKSANAAN PROGRAM KEMITRAAN DAN PROGRAM BINA LINGKUNGAN SEBAGAI WUJUD TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN KEPADA STAKEHOLDERS DI PERUSAHAAN PERTAMINA UPMS V SURABAYA Oleh : Bandang Maulana ABSTRAK Saat ini yang menjadi perhatian terbesar dari peran perusahaan dalam masyarakat adalah peningkatan kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan dan etika. Pada mulanya tidak banyak perusahaan apalagi di Indonesia yang memperhatikan hal tersebut. Umumnya perusahaan masih berkutat pada aspek finansial atau aspek ekonomis untuk menunjukkan keberhasilannya, namun perusahaan-perusahaan seluruh dunia kini sudah memperhitungkan aspek dampak lingkungan dan sosial dalam menjalankan operasi bisnis mereka untuk mempertahankan diri terhadap tekanan sosial melalui pengembangan program Corporate Social Responsibility. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara langsung tentang penerapan, pelaksanaan dan perkembangan Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan (PKBL) sebagai salah satu wujud tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan cara wawancara langsung dengan karyawan unit PKBL. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam terhadap informan, observasi data dan dokumentasi yang berkaitan dengan penerapan, pelaksanaan dan perkembangan Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan (PKBL). Menganalisa data dengan cara mereduksi, menyajikan dan menemukan pola atau keterikatan antara data-data yang diperoleh. Berdasarkan hasil uji kredibilitas menunjukkan bahwa mulai dari penerapan, pelaksanaan hingga perkembangannya, Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan (PKBL) telah dilaksanakan dan dijalankan dengan baik sesuai dengan Peraturan Menteri dan dokumen-dokumen terkait yang ada, meskipun masih terdapat kelemahan pada minimnya SDM, kurangnya pemantauan terhadap Mitra Binaan dan tingginya tingkat kemacetan pengembalian pinjaman.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 03 Mar 2011 16:01
      Last Modified: 03 Mar 2011 16:01
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/656

      Actions (login required)

      View Item