STUDI TENTANG KINERJA WANITA DALAM PENGELOLAAN DAN PERENCANAAN KEUANGAN KELUARGA PADA IBU RUMAH TANGGA DI KAWASAN SIWALANKERTO SURABAYA

FITRIA , WIDYASARI (2009) STUDI TENTANG KINERJA WANITA DALAM PENGELOLAAN DAN PERENCANAAN KEUANGAN KELUARGA PADA IBU RUMAH TANGGA DI KAWASAN SIWALANKERTO SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img] PDF - Published Version
Download (133Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (251Kb)

      Abstract

      STUDI TENTANG KINERJA WANITA DALAM PENGELOLAAN DAN PERENCANAAN KEUANGAN KELUARGA PADA IBU RUMAH TANGGA DI KAWASAN SIWALANKERTO SURABAYA Oleh : FITRIA WIDYASARI Abstraksi Mengurus dapur rumah tangga memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi, bila pemasukan keluarga tidak menentu. Bila tidak cermat bisa saja peribahasa besar pasak daripada tiang menghinggapi keuangan rumah tangga. Kestabilan ekonomi di dalam keluarga merupakan salah satu factor yang cukup menentukan kebahagian di dalam keluarga, karena penghasilan yang tidak mencukupi kebutuhan hidup dapat merupakan penyebab utama terjadinya pertengkaran di dalam sebuah keluarga. Terjadinya ketidakstabilan dalam perekonomian keluarga bukan saja karena penghasilan yang tidak cukup, tetapi karena keluarga tersebut kurang bijaksana di dalam membelanjakan uang atau pendapatan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan tujuan untuk mengumpulkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Makna adalah data yang sebenarnya, data yang pasti yang merupakan suatu nilai di balik data yang tampak. Oleh karena itu dalam penelitian kualitatif tidak menekankan pada generalisasi, tetapi lebih menekankan pada makna. Generalisasi dalam penelitian kualitatif dinamakan transferability, artinya hasil penelitian tersebut dapat digunakan di tempat lain, manakala tempat tersebut memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda. Sedangkan informan yang dipakai adalah seorang ibu rumah tangga murni yang sehari-hari selalu berkutat pada keuangan keluarga. Agar informasi yang didapat lebih mendalam. Dari hasil penelitian di lapangan, penerapan pencatatan keuangan yang sistematis dan lengkap, dapat membantu bahkan memberikan informasi yang signifikan tentang harta kekayaan maupun informasi lainnya yang berhubungan dengan keuangan keluarga sehingga dapat lebih dimengerti oleh anggota keluarga lainnya. Agar dapat lebih baik lagi dalam mengambil keputusan yang penting dalam keuangan keluarga.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HG Finance
      H Social Sciences > HG Finance > HG201 Money
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 03 Mar 2011 16:13
      Last Modified: 03 Mar 2011 16:19
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/661

      Actions (login required)

      View Item