Representasi Kebutuhan Kasih Sayang Dalam Iklan Minyak Kayu Putih Cap Lang (Studi semiotik Representasi “Kebutuhan Kasih Sayang” dalam Iklan Minyak kayu Putih Cap Lang versi “surat untuk bunda” di Tabloid Nyata Juni Edisi 2031)

DWI , RATNA PURWANTI, (2010) Representasi Kebutuhan Kasih Sayang Dalam Iklan Minyak Kayu Putih Cap Lang (Studi semiotik Representasi “Kebutuhan Kasih Sayang” dalam Iklan Minyak kayu Putih Cap Lang versi “surat untuk bunda” di Tabloid Nyata Juni Edisi 2031). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (237Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (274Kb)

      Abstract

      Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi kebutuhan kasih sayang dalam iklan Minyak Kayu Putih Caplang pada Tabloid Nyata. Pentingnya kasih sayang sebagai kebutuhan yang mendasar bagi anak, akan mempengaruhi seluruh perkembangan hidupnya. Kasih sayang yang diperlukan adalah kasih sayang yang murni dan tulus dari orang tua. Kasih sayang yang tidak mementingkan diri sendiri dan tanpa syarat. Anak-anak yang mendapatkan kasih sayang yang cukup dari orang tuanya akan bertumbuh lebih sehat secara emosi, sosial, dan kerohanian. Anak yang demikian akan merasa bahwa dirinya penting, berharga dan patut dicintai.Representasi kebutuhan kasih sayang yang digambarkan melalui bahasa non verbal dalam iklan Minyak Kayu Putih Caplang tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah tabloid sebagai media periklanan, representasi, pengertian perhatian, bahasa non verbal, respon psikologi warna dan menggunakan teori Charles. S. Pierce. Penelitian kualitatif ini menggunakan semua tanda yang berupa gambar, tulisan dan warna menjadi latar belakang dalam iklan minyak kayu putih caplang, yang kemudian diinterpretasikan dalam suatu level representasi dan realitas. Kemudian data tersebut akan dianalisis dalam ikon, indeks, dan simbol kedalam sisitem tanda komunikasi yang berupa gambar, tulisan, dan warna yang terdapat dalam iklan tersebut sebagai unit analisisnya. Hasil penelitian diperoleh bahwa pentingnya memberikan kebutuhan kasih sayang orang tua terutama ibu kepada anak ini telah dikonstruksi oleh pihak pengiklan dan medianya kedalam bahasa non verbal, yakni dimana bahasa non verbal seperti saling memandang, tersenyum, dan berpelukan ditampilkan oleh pihak pengiklan guna menyampaikan pesan bahwa dengan menggunakan produk Minyak Kayu Putih Caplang para ibu juga dapat memberikan kebutuhan kasih sayang terhadap anaknya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 03 Mar 2011 16:49
      Last Modified: 03 Mar 2011 17:01
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/668

      Actions (login required)

      View Item