Representasi Ketidakadilan Hukum Dalam Iklan Provider Selular Smart Versi “ Maling Ayam “ Di Televisi (Studi Semiotik terhadap representasi ketidakadilan hukum dalam iklan provider selular Smart versi “ Maling Ayam “ Di Televisi )

Eka , Septiana, (2010) Representasi Ketidakadilan Hukum Dalam Iklan Provider Selular Smart Versi “ Maling Ayam “ Di Televisi (Studi Semiotik terhadap representasi ketidakadilan hukum dalam iklan provider selular Smart versi “ Maling Ayam “ Di Televisi ). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (230Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (417Kb)

      Abstract

      Penelitian ini berusaha mengungkap representasi ketidakadilan hukum dalam iklan provider selular Smart versi “maling ayam” melalui pendekatan teori semiotika diharapkan iklan mampu diklasifikasikan berdasarkan tanda, kode, dan makna yang terkandung di dalamnya, iklan tersebut menampilkan sebuah cerita yang didalamnya berisi sikap dari seorang maling yang sedang mengalami kesalahan persepsi komunikasi kepada polisi yang sedang memberi vonis hukuman. Dengan pemilihan model semiotika Jhon Fiske, tanda-tanda dalam tataran gambar bergerak (iklan) tersebut telah dikombinasikan menjadi kode-kode, untuk memungkinkan suatu pesan disampaikan dari komunikator ke komunikan (penonton). Adapun tanda-tanda tersebut oleh Jhon Fiske dikategorikan menjadi tiga level kode, yakni level realitas yang mencakup kode-kode sosial (penampilan, kostum, riasan, lingkungan, perilaku, cara berbicara, gerakan, ekspresi), level representasi yang meliputi kode-kode teknik (kamera, pencahayaan, perevisian, musik, suara) dan level ideologi yang terdiri dari kode-kode representatif (naratif, konflik, karakter, aksi, dialog, latar, pemeran) Alasan peneliti dalam mengambil objek penelitian iklan provider selular Smart versi “ maling ayam “ di televisi karena iklan ini berbeda dari iklan provider selular lain, selain itu pada saat iklan ini muncul banyak tindakan-tindakan yang berhubungan dengan ketidakadilan hukum di Indonesia saat ini, terlihat dalam kostum yang digunakan oleh para tokoh dalam iklan tersebut dan dialog dalam iklan tersebut. Oleh karena itu dalam iklan ini juga menyindir permasalahan hukum terutama pada ketidakadilan hukum saat ini. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa iklan tersebut menampilkan sebuah fenomena ketidakadilan hukum. Iklan provider selular smart “maling ayam” , menampilkan ketidakadilan hukum yang berbeda dari tema ketidakadilan hukum pada umumnya. Dalam iklan ini ketidakadilan hukum cenderung sangat tidak sesuai dalam memberi vonis hukuman. Tokoh dalam iklan ini karakter tokohnya, aktifitas yang dilakukannya menjadi representasi ketidakadilan hukum yang berhasil ditampilkan dalam iklan ini.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 03 Mar 2011 17:22
      Last Modified: 03 Mar 2011 17:23
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/674

      Actions (login required)

      View Item