REPRESENTASI KEKERASAN PSIKOLOGIS DALAM IKLAN HEXOS VERSI ”MAKAN SAMA CAMER” (Study Semiotika pada Iklan HEXOS versi makan sama camer format televisi)

FIRMAN , BUDI SANTOSO (2010) REPRESENTASI KEKERASAN PSIKOLOGIS DALAM IKLAN HEXOS VERSI ”MAKAN SAMA CAMER” (Study Semiotika pada Iklan HEXOS versi makan sama camer format televisi). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (488Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (390Kb)

      Abstract

      Iklan merupakan salah satu bagian dari marketing mix, yaitu termasuk dalam promotion. Iklan banyak ditampilkan di berbagai media massa termasuk media televisi. Permen Hexos membuat berbagai versi dalam penayangan iklannya di media televisi. Salah satu iklannya adalah Iklan Hexos versi “makan sama camer”. Iklan Hexos versi “makan sama camer” mendapatkan banyak pengaduan oleh pemirsa televisi, hal ini karena iklan Hexos versi “makan sama camer” mengandung unsur yang tidak lazim di mata pemirsa. Contohnya salah satu pengaduan oleh Dimas yang berasal dari Jakarta yang mengkomplain iklan dengan kata “Sebaiknya, iklan Hexos yang menceritakan tentang keadaan makan malam bersama camer, karena iklan ini menganggap manusia yang berperilaku sebagai seokor hewan. Begitu juga yang terjadi pada iklan Hexos yang menceritakan tentang pengantar pizza”. Hal ini yang melarbelakangi iklan Hexos versi “makan sama camer” direpresentasikan, apah terdapat unsur kekerasan psikologis dan fisiknya. Studi yang dilakukan menggunakan studi semiotika. Iklan Hexos versi “makan sama camer” mempunyai unsur daya tarik yang harus dipenuhi oleh sebuah iklan, yaitu meaningful (berarti), believable (dapat dipercaya) dan distinctive (khas). Selain itu iklan Hexos versi ”makan sama camer” memiliki ilustrasi, judul dan teks yang jelas dalam penayangan iklannya. Iklan Hexsos versi “makan sama camer” dianalisis menggunakan semiotika roland barthes dan direperesentasikan pada level realitas dan level representasi. Iklan Hexos versi “makan sama camer” diduga terdapat unsur kekerasan psikologis yang dilakukan oleh pemain dalam iklan tersebut. Hasil semiotika rolan barthes mengidentifikasikan adanya dua kode pembacaan yang ditemukan, yang pertama kode cultural yang terdapat scane ke-2, dimana mengandung unsur kekerasan psikologis berupa intimidasi. Yang kedua adalah kode proaterik yang terdapat pada scane ke-3 sd scane 13, dimana mengandung unsur kekerasan psikologis berupa penghinaan, pelecehen dan gangguan. Selain itu terdapat juga unsur kekerasan fisik pada scane 13 sd 14. Representasi pada level realitas dianalisis pada dialog, reaksi dan adegan dalam iklan Hexos versi “makan sama camer” dari ketiga analisis tersebut direpresentasikan terdapat unsur kekerasan psikologis dan fisik, namun kekerasan fisik yang terjadi digambarkan sebagai suatu bentuk genre humor. Hal ini terlihat dari reaksi yang ditimbulkan oleh korban kekerasan yang bereaksi tidak dengan wajarnya. Pada level representasi, kekerasan psikologis direpresetasikan pada teknik kamera medium shot, serta kekerasan fisik yang terjadi juga direpresentasikan dari teknik kamera medium shot. Untuk itulah perlu ditinjau kembali oleh pembuat iklan (Velocity Production) dalam mengilustrasikan iklan yang ditampilkan di media televisi.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 03 Mar 2011 17:27
      Last Modified: 03 Mar 2011 17:28
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/675

      Actions (login required)

      View Item