EVALUASI KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UPN “VETERAN” JAWA TIMUR MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL

FITRIA , AFRIANTI (2014) EVALUASI KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UPN “VETERAN” JAWA TIMUR MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (4Mb)

      Abstract

      Sistem informasi akademik (SIAMIK) merupakan tiang utama dalam mengatur segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan akademik bagi mahasiswa. Skripsi ini mengambil studi kasus pada SIAMIK di UPN Jatim. SIAMIK merupakan media informasi yang digunakan untuk menangani registrasi KRS, KHS, pendaftaran Ujian, mencatat prosentase kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan, dan mencetak transkrip nilai, yang menyebabkan SIAMIK sangat dibutuhkan oleh semua mahasiswa. Dari situlah timbul kebutuhan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna atas pelayanan yang diberikan. Tujuannya, untuk mengetahui apakah SIAMIK sudah dimanfaatkan secara optimal. Metodologi yang dapat digunakan untuk mengukur kepuasan adalah Service Quality. Metode ini khusus digunakan untuk mengukur kepuasan pelayanan atas jasa yang diberikan. Hasil Analisa Servqual (Gap) diantara tingkat Harapan dengan Persepsi untuk setiap atribut pertanyaan berada pada nilai rata-rata sebesar 3.514 untuk 24 Indikator tingkat harapan, dan 3.275 tingkat persepsi terlihat pada tingkat persepsi yang berada dibawah tingkat Harapan. Hal tersebut menggambarkan bahwa responden memiliki pandangan yang negatif terhadap Sistem Informasi Akademik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa indikator pada kuadaran III yang perlu ditingkatkan kualitas layanannya antara lain: Data dosen selalu tepat, Sistem dapat akses setiap saat, kecepatan akses, dapat memberikan masukan terhadap pengembang, dapat melaporkan permasalahan, masalah yang di laporkan diselesaikan dengan cepat, Masukan diakomodasi dengan baik, Saran ditanggapi oleh pengelola, Terdapat sosialisai untuk pengembangan dari SIAMIK. Kata kunci : Sistem Informasi Akademik. Evaluasi Implementasi SIAMIK, Servqual, Gap.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55.4 Industrial engineering. Management engineering > T58.6 Management information systems
      Divisions: Faculty of Industrial Technology > Information System
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 11 Feb 2015 13:49
      Last Modified: 11 Feb 2015 13:49
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/6759

      Actions (login required)

      View Item