KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PERPANJANGAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) A, B, C DAN D MELALUI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) DI SATUAN LALU LINTAS (SATLANTAS) POLRES JOMBANG

INTAN , PUTRI PUSPITA KUSUMAWARDANI (2015) KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PERPANJANGAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) A, B, C DAN D MELALUI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) DI SATUAN LALU LINTAS (SATLANTAS) POLRES JOMBANG. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1539Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (1219Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasarkan pada latar belakang bagaimana Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A, B, C Dan D Melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Di Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jombang, hal ini untuk menunjang kepentingan masyarakat (Publik) mempermudah dan mempercepat proses pembuatan perpanjangan SIM di wilayah Pemerintahan Kota Jombang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A, B, C Dan D Melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Di Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang memiliki satu variabel yaitu tentang Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A, B, C Dan D Melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Di Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jombang yang diukur dari pedoman Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Untuk mengukur kepuasan masyarakat di dalam pelayanan maka digunakan 14 unsur sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 25/KEP/M.PAN/2/2004. Di dalam penelitian ini yang menjadi responden adalah masyarakat yang melakukan perpanjangan SIM A, B, C dan D dari daerah jombang sebanyak 150 responden, pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM Hasil dari penelitian ini adalah besarnya nilai Indeks Kepuasan Masyarakat pada penelitian ini yaitu 69,25 masuk dalam kategori nilai persepsi 3, Nilai Interval Koversi IKM 62,51-81,25 dengan mutu pelayanan B sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja unit pelayanan perpanjangan SIM berdasarkan indeks kepuasan masyarakat (IKM) termasuk dalam kategori BAIK. Penyelengaraan pelayanan perpanjangan SIM A, B, C dan D semua unsur (14) mendapat penilaian baik dan dalam kepuasan masyarakat dalam pelayanan belum sesuai dengan tujuan pelayanan adalah untuk mencapai tingkat kepuasan masyarakat yang maksimal yaitu kepuasan pelayanan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan presentase terbesar jawaban responden berada pada jawaban b dengan skor 3 tetapi yang seharusnya berada pada pilihan jawaban a dengan skor 4 hanya menduduki urutan ke 2 setelah jawaban b untuk semua unsur pelayanan perpanjangan SIM A, B, C dan D masih terdapat masyarakat yang memberikan penilaian dengan jawaban d dengan skor 1 dimana skor 1 adalah skor terendah dalam penilaian IKM demikian juga masih ada masyarakat yang memberikan penilaian dengan jawaban c dengan skor 2, jawaban d dengan skor 1 dengan jumlah 9 masyarakat/responden masih ditemukan kepastian jadwal pelayanan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1601 Civil Service
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 11 Feb 2015 15:07
      Last Modified: 11 Feb 2015 15:07
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/6769

      Actions (login required)

      View Item