REPRESENTASI CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN PRODUK LAKI-LAKI (Studi Semiotik Mengenai Representasi Citra Perempuan Dalam Iklan Axe Deodorant Bodyspray versi ”Harga Minim” di Media Televisi)

MARLIN , C. N. NAPITUPULU (2010) REPRESENTASI CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN PRODUK LAKI-LAKI (Studi Semiotik Mengenai Representasi Citra Perempuan Dalam Iklan Axe Deodorant Bodyspray versi ”Harga Minim” di Media Televisi). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (127Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (283Kb)

      Abstract

      Konsentrasi dari penelitian ini adalah mengenai citra pada perempuan yang terdapat dalam iklan televisi Axe versi “harga minim”. Citra adalah dunia menurut persepsi manusia. Tanpa citra manusia akan selalu berada dalam suasana yang tidak pasti. Posisi perempuan dalam iklan ini digunakan sebagai obyek untuk menawarkan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi citra perempuan dalam iklan Axe versi “harga minim”. Metode yang digunakan sebagai pendekatan dalam menganalisis data penelitian ini adalah analisis semiotik John Fiske yang membagi film (iklan) menjadi beberepa level yaitu pada realitas level representasi dan level ideologi. Sehingga peneliti dapat menginterpretasikan dan kemudian dilanjutkan dengan analisis semiotika John Fiske yang terdapat pada iklan Axe deodorant bodyspray versi “harga minim”dari tampilan dalam beberaba shot potongan-potongan visual iklan. Dari hasil analisis penelitian, dihasilkan bahwa dalam iklan ini membangun citra pigura dan citra peraduan yang dapat dilihat dari kostum, aktivitas, suara (voice over), teknik kamera, dan ideologi yang ada. Berdasarkan analisis peneliti mengenai representasi iklan Axe versi “harga minim”di media televisi dengan pendekatan John Fiske maka dapat disimpulkan: Dalam visualisasi Iklan Axe versi “harga minim”di televisi secara keseluruhan mengandung citra perempuan. Hal ini dapat dilihat dalam Axe versi “harga minim” visualisasinya adalah seorang perempuan yang membangun citra pigura dengan mononjolkan ciri biologis dan citra peraduan menunjukkan perempuan sebagai model dalam iklan yang dikhususkan untuk laki-laki. Bangunan makna tersebut menunjukkan perempuan yang di eksploitasi di media televisi.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 03 Mar 2011 21:44
      Last Modified: 03 Mar 2011 21:44
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/682

      Actions (login required)

      View Item