Hubungan Terpaan Pemberitaan Meledaknya Tabung Gas LPG di Media Massa Terhadap Tingkat Kecemasan Ibu – Ibu Rumah Tangga di Surabaya (Studi Korelasional Terpaan Pemberitaan Meledaknya Tabung Gas LPG di Media Massa Terhadap Tingkat Kecemasan Ibu – Ibu Rumah Tangga di Surabaya).

APIEK , DWI PANCANINGSIH (2010) Hubungan Terpaan Pemberitaan Meledaknya Tabung Gas LPG di Media Massa Terhadap Tingkat Kecemasan Ibu – Ibu Rumah Tangga di Surabaya (Studi Korelasional Terpaan Pemberitaan Meledaknya Tabung Gas LPG di Media Massa Terhadap Tingkat Kecemasan Ibu – Ibu Rumah Tangga di Surabaya). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (125Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (358Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasarkan pada semakin maraknya pemberitaan meledaknya tabung gas LPG di media massa seperti media elektronik (televisi dan radio), media cetak (koran, majalah, tabloid), serta media online. Adanya terpaan pemberitaan meledaknya tabung gas LPG di media massa memberikan efek pada para audience nya, terutama kepada ibu – ibu rumah tangga yang merupakan audience media massa sekaligus pengguna tabung gas LPG. Efek tersebut dapat berupa kecemasan yang muncul akibat adanya pemberitaan tersebut. Dalam penelitian ini pemberitaan meledaknya tabung gas LPG di media massa merupakan variabel X dan tingkat kecemasan ibu – ibu rumah tangga merupakan variabel Y. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-R atau Stimulus-Respons. Berdasarkan asumsi teori ini bahwa stimulus pasti akan memberikan pengaruh. Sesuai dengan teori tersebut bahwa terpaan pemberitaan akan memberikan pengaruh berupa kecemasan pada ibu – ibu rumah tangga yang menonton, mendengarkan, dan membaca pemberitaan meledaknya tabung gas LPG di media massa. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui kuisioner. Pertanyaan dalam kuisioner dikembangkan dari indikator – indikator variabel X dan Y. Untuk variabel X diberikan bentuk pertanyaan terbuka, serta untuk variabel Y diberikan pertanyaan tertutup dengan pilihan jawaban Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Sangat Tidak Setuju (STS), serta Tidak Setuju (TS). Populasi dalam penelitian ini yaitu ibu – ibu rumah tangga yang berada di Surabaya. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling yaitu semua ibu – ibu rumah tangga yang berada di Surabaya berhak menjadi responden tanpa ada karakteristik tertentu. Untuk menentukan jumlah responden maka digunakan rumus Yamane. Karena data berbentuk ordinal maka ntuk menguji hubungan antara kedua variabel digunakan koofesien korelasi Rank Spearman kemudian untuk memperjelas pembuktian hipotesis digunakan uji Ttest. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara terpaan pemberitaan meledaknya tabung gas LPG di media massa terhadap tingkat kecemasan ibu – ibu rumah tangga di Surabaya. Sehingga kesimpulan berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa pemberitaan di media massa yang bermuatan berita negatif memberikan efek yang negatif pula kepada para audience nya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 03 Mar 2011 22:02
      Last Modified: 03 Mar 2011 22:02
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/685

      Actions (login required)

      View Item