TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT SURABAYA TENTANG IKLAN DIABETASOL DI TELEVISI (Studi Deskriptif Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya Tentang Iklan Diabetasol Versi “Majalah” di Televisi)

Khairil , Hamdani (2010) TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT SURABAYA TENTANG IKLAN DIABETASOL DI TELEVISI (Studi Deskriptif Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya Tentang Iklan Diabetasol Versi “Majalah” di Televisi). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (104Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (222Kb)

      Abstract

      Di dalam menghadapi persaingan, setiap perusahaan memiliki strategi tersendiri agar tetap eksis dalam bisnis, iklan merupakan hal yang paling tidak bisa dihindari. Diabetasol adalah salah satu iklan produk makanan dan minuman dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Iklan diabetasol munul mengingat jumlah penderita diabetes di Indonesia berdasarkan perkiraan organisasi kesehatan dunia (WHO) akan mengalami kenaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan Masyarakat Surabaya tentang iklan diabetasol versi ”Majalah” di televisi. Teori yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R (Stimuli-Organism-Respons). Menurut teori ini, efek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus terhadap stimulus khusus, sehingga seseorang dapat mengharapkan dan memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikan. Populasi yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah masyarakat Surabaya yang berusia 17 tahun hingga 59 tahun, dengan teknik penarikan sampel purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa bahwa tingkat pengetahuan tentang unsur-unsur iklan diabetasol veris “Majalah” di televisi sebagian besar berada pada kategori tinggi yang menunjukkan bahwa responden mampu menganalisa berbagai informasi yang diberikan tentang unsur iklan dari iklan diabetasol versi “Majalah” ini yang mungkin sangat dibutuhkan oleh para penderita diabetes saat ini, selain itu para responden tersebut sudah memiliki kesadaran yang baik tentang pentingnya menjaga kesehatan dirinya agar terhindar dari penyakit diabetes yang kapan saja dapat menyerang mereka. Dengan pengetahuan yang dimiliki oleh responden yang sudah cukup banyak sehingga membuat responden sudah bisa mengerti makna dari iklan diabetasol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengetahuan responden tetang iklan diabetasol versi “Majalah” sangat tinggi, ini berarti responden mampu menganalisa semua unsur dari iklan tersebut. Responden memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit, khususnya diabetes.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 03 Mar 2011 22:10
      Last Modified: 03 Mar 2011 22:10
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/686

      Actions (login required)

      View Item