PEMBINGKAIAN BERITA PEMILIHAN ULANG CALON WALIKOTA SURABAYA 2010 (Studi Analisis Framing Pembingkaian Berita Pemilihan Ulang Calon Walikota 2010 pada Surat Kabar Jawa Pos dan Surabaya Post Periode 1 Agustus - 3 Agustus 2010)

ANDRI, KRISBIYANTONO (2010) PEMBINGKAIAN BERITA PEMILIHAN ULANG CALON WALIKOTA SURABAYA 2010 (Studi Analisis Framing Pembingkaian Berita Pemilihan Ulang Calon Walikota 2010 pada Surat Kabar Jawa Pos dan Surabaya Post Periode 1 Agustus - 3 Agustus 2010). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3244Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (208Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasarkan pada pekerjaan media massa dalam mengkonstruksi berita. Media mengkonstruksikan berita sesuai dengan kepentingan dari media itu sendiri mulai dari tingkat penonjolan berita, tingkat relevansinya dengan khalayak sampai tingkat valensinya. Seperti dalam pemberitaan Berita Pemilihan Ulang Calon Walikota 2010 pada Surat Kabar Jawa Pos dan Surabaya Post Periode 1 Agustus - 3 Agustus 2010. Untuk melihat bagaimana Jawa Pos dan Surabaya Post mengemas pemberitaan Pemilihan Ulang Calon Walikota 2010 tersebut, peneliti menggunakan studi analisis framing. Analisis framing dipakai untuk membedah cara-cara atau ideologi media saat mengkonstruksi fakta. Dengan kata lain, framing adalah pendekatan untuk mengetahui bagaimana perspektif atau cara pandang yang digunakan oleh wartawan ketika menyeleksi isu dan menulis berita. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis framing milik Zhondang Pan dan Gerald M. Konsicki dalam menganalisa pemberitaan mengenai Pemilihan Ulang Calon Walikota 2010. Berdasarkan empat struktur yang terkandung dalam model framing Pan dan Konsicki, yaitu sintaksis, skrip, tematik, dan retoris, peneliti berusaha mengetahui bagaimana Jawa Pos dan Surabaya Post mengemas pandangan dan penekanannya dalam membentuk sebuah berita. Data dianalisis berdasarkan empat struktur yaitu sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Dari keempat struktur tersebut dapat menentukan frame yang muncul di tiap surat kabar. Frame Jawa Pos memunculkan permasalahan saat dilaksanakanya Pemilihan Ulang yang mengandung Money Politics dan juga pelanggaran lain yang dilakukan pasangan Arif Afandi-Adies Kadir. Hal Tersebut tampak dalam pemberitaan harian Jawapos dan Kutipan-Kutipan Narasumbernya juga Foto-Foto Yang Menunjukkan adanya Kejanggalan dalam Pemilihan ulang Walikota yang dilaksanakan di beberpa Kecamatan di Surabaya. Sedangkan Surabaya Post memunculkan adanya permasalahan apabila Risma-Bambang DH menjabat Walikota Surabaya yang menekankan dari kutipan pakar-pakar politik akan adanya Ganjalan dalam Pemerintahan Risma-Bambang DH apabila tidak pandai dalam melakukan lobi-lobi politik dan juga menentukan kebijakan dikarenakan dukungan dari partai yang mengusungnya tidaklah banyak di kursi DPRD

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 03 Mar 2011 22:27
      Last Modified: 03 Mar 2011 22:27
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/687

      Actions (login required)

      View Item