PENGARUH CUSTOMER RELATINSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA RAMA JAYA FITNESS CENTRE DI SURABAYA

YULINARTHA, KHAIRMAN (2010) PENGARUH CUSTOMER RELATINSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA RAMA JAYA FITNESS CENTRE DI SURABAYA. Undergraduate thesis, Faculty of economic.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (130Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (493Kb)

      Abstract

      PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN DI RAMA JAYA FITNESS CENTRE SIDOARJO Oleh : KHAIRMAN YULINARTHA ABSTRAKSI CRM merupakan suatu strategi pemasaran dalam memilih dan mengelola pelanggan untuk mengoptimalkan nilai dalam jangka panjang. CRM merupakan suatu desain strategi untuk memahami, mengantisipasi perilaku pelanggan, dan mengembangkan hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan. CRM mengintegrasikan, menganalisis, menyebarkan informasi tentang pelanggan, penjualan, dan efektivitas pemasaran untuk memberikan pelayanan yang lebih profesional dan personal kepada pelanggan. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh CRM terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rama Jaya Fitness Centre di Sidoarjo dan untuk mengetahui pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan di Rama Jaya Fitness Centre Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria atau pertimbangan tertentu yaitu pelanggan yang mempunyai membership card Rama Jaya Fitness Centre di Sidoarjo pada saat menggunakan jasa di Rama Jaya Fitness Centre di Sidoarjo. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 110 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan daftar pertanyaan atau kuisioner kepada responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Customer Relationship Management tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan di Rama Jaya Fitness Centre Sidoarjo dan Kepuasan Pelanggan tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan di Rama Jaya Fitness Centre Sidoarjo. Kata Kunci : Customer Relationship Management, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 10 Feb 2011 12:06
      Last Modified: 10 Feb 2011 12:06
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/69

      Actions (login required)

      View Item