PENGARUH RETURN ON EQUITY (ROE) DAN DEVIDEN PAYOUT RATIO (DPR) TERHADAP PRICE TO BOOK VALUE (PBV) PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG GO PUBLIK DI PT. BURSA EFEK INDONESIA

Dendy , Ardhata Saputra (2010) PENGARUH RETURN ON EQUITY (ROE) DAN DEVIDEN PAYOUT RATIO (DPR) TERHADAP PRICE TO BOOK VALUE (PBV) PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG GO PUBLIK DI PT. BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (106Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (283Kb)

      Abstract

      Return on equity adalah salah satu rasio profitabilitas yang mengukur kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba dengan berdasarkan modal saham tertentu. Rasio ini merupakan ukuran profitabilitas dari sudut pandang pemegang saham. Sedangkan dividend payout ratio adalah persentase dari laba yang didistribusikan sebagai dividen. Rasio ini merupakan kebijakan dividen yang dibayarkan kepada investor. Investor dalam mempertimbangkan pembuatan keputusan membeli atau menjual saham dapat dilakukan dengan cara membandingkan nilai intrinsik dengan nilai pasar saham bersangkutan. Besarnya nilai rasio tersebut menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba berdasarkan modal saham tertentu, ukuran seberapa banyak para investor bersedia membayar untuk setiap rupiah dari laba yang dilaporkan, serta ukuran apakah harga saham (harga pasarnya) diperdagangkan di atas atau di bawah nilai buku saham tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh return on equity dan devidend payout ratio terhadap price to book value pada perusahaan Perbankan yang go publik di PT. Bursa Efek Indonesia. Model yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda dengan menggunakan uji hipotesis uji F dan uji t. Variabel penelitian adala return on equity (X1), devidend payout ratio (X2), dan price to book value (Y). Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian adalah dengsn menggunakan skala rasio. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari perusahaan perbankan yang go publik di Bursa Efek Indonesia, dimana laporan keuangan tahun 2004-2008 perusahaan tersebut berjumlah 18 perusahaan sedangkan sampel penelitian ini 6 perusahaan perbankan yang go publik di Bursa Efek Indonesia tahun 2004 s/d 2008. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa Return On Equity tidak berpengaruh secara signifikan positif terhadap Price To Book Value dan Devidend Payout Ratio berpengaruh secara signifikan negatif terhadap Price To Book Value pada perusahaan perbankan yang go publik di PT. Bursa Efek Indonesia.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001 Finance management. Business Finance. Corporation finance
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 04 Mar 2011 10:08
      Last Modified: 04 Mar 2011 10:08
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/691

      Actions (login required)

      View Item