ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. FULLMOON EXPRESS TOUR AND TRAVEL

Ertika , Grismartanti (2010) ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. FULLMOON EXPRESS TOUR AND TRAVEL. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (165Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (459Kb)

      Abstract

      Perkembangan teknologi transportasi saat ini yang sangat pesat membuat persaingan dalam penyediaan jasa transportasi menjadi semakin tajam dan ketat. Salah satunya adalah penyediaan jasa transportasi bagi masyarakat luas agar tercapainya kemudahan dan kepuasan masyarakat luas sebagai konsumen dalam menggunakan jasa transportasi yang sangat penting bagi kehidupan, terutama dalam era globalisasi dan teknologi yang sudah sangat maju dan berkembang. Untuk meningkatkan jumlah konsumen, perusahaan terdorong memberikan harga dan pelayanan yang lebih baik daripada pesaing agar dapat berbeda dengan perusahaan lain sejenis. Dengan harga dan pelayanan yang baik maka akan memunculkan kepuasan konsumen pada PT. Fullmoon Express Tour and Travel. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan.. Penelitian ini menggunakan variabel Harga (X1), Kualitas Layanan (X2) sebagai variabel bebas dan kepuasan Pelanggan (Y) sebagai variabel terikat. Teknik pengukuran variabel dengan menggunakan skala interval, Tanggapan atau pendapat pertanyaan tersebut dinyatakan dengan memberikan skor yang berada pada rentang nilai 1 sampai dengan 7 pada masing-masing skala. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada PT. Fullmoon Express Tour and Travel. Sampel yang diambil berjumlah 115 orang responden. Teknik pengambilan sampel ini adalh Non Probabilistic Sampling dengan teknik sampling aksidental. Data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari jawaban para responden dengan menggunakan media kuesioner. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Pengolahan data yang diperoleh dengan menggunakan analisis permodelan SEM (Structural Equation Modelling). Berdasarkan hasil analisis untuk mengkaji apakah terdapat pengaruh negatif antara harga dan kepuasan pelanggan, dapat diterima sedangkan apakah terdapat pengaruh positif antara pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, tidak dapat diterima.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5410 Marketing. Distribution of products
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 04 Mar 2011 10:04
      Last Modified: 04 Mar 2011 10:04
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/695

      Actions (login required)

      View Item