FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN YANG TIDAK DIRENCANAKAN ( IMPULSE BUYING ) DI GIANT HYPERMART PONDOK CANDRA SIDOARJO

Miftachul , Jannah (2009) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN YANG TIDAK DIRENCANAKAN ( IMPULSE BUYING ) DI GIANT HYPERMART PONDOK CANDRA SIDOARJO. Undergraduate thesis, Faculty of economics.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (89Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (354Kb)

      Abstract

      Perkembangan bisnis retailing di Indonesia berjalan sangat cepat, ini ditandai dengan banyaknya supermarket–supermarket baru yang bermunculan, hal ini tentu saja menyebabkan persaingan yang ketat dari masing-masing pengelola bisnis retail dalam usahanya untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu, lingkungan berbelanja merupakan faktor yang sangat penting yang dapat mempengaruhi perilaku berbelanja konsumen dalam menentukan pilihan untuk membeli produk maupun jasa di tempat tertentu, karena pada kenyataannya banyaknya pembelian yang dilakukan adalah justru pembelian yang tidak direncanakan. Artinya, keputusan untuk membeli atau tidak oleh konsumen atas suatu barang biasanya sering terjadi di dalam toko. Variabel pada penelitian ini adalah display (X1), promosi (X2), pelayanan pramuniaga (X3), pembelian tidak terencana (Y). Pengukuran variabel menggunakan skala interval. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian yang tidak direncanakan di Giant Pondok Candra, dengan jumlah sampel 120 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Sedangkan untuk teknik analisisnya menggunakan Structural Equation Modelling ( SEM ). Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan analisis SEM faktor display, faktor promosi, faktor pelayanan pramuniaga berpengaruh positif terhadap pembelian tidak terencana tidak dapat diterima.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 10 Feb 2011 13:29
      Last Modified: 10 Feb 2011 13:29
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/70

      Actions (login required)

      View Item