PENGARUH KEPUTUSAN MANAJEMEN KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Automotif Yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia)

Peppi, Elfien Niake (2010) PENGARUH KEPUTUSAN MANAJEMEN KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Automotif Yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (206Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (573Kb)

      Abstract

      Nilai perusahaan diartikan sebagai harga yang bersedia dibayar oleh calon investor seandainya suatu perusahaan akan dijual. Nilai perusahaan tercermin dari harga saham yang stabil dan dalam jangka panjang mengalami kenaikan. Semakin tinggi harga saham maka semakin tinggi pula nilai perusahaan. Nilai perusahaan yang tinggi menjadi keinginan para pemilik perusahaan, sebab dengan nilai tinggi menunjukkan kemakmuran pemegang saham juga tinggi. Untuk mencapai hal tersebut, perusahaan mengharapkan manajer keuangan akan melakukan tindakan yang terbaik bagi perusahaan dengan memaksimalkan nilai perusahaan sehingga kemakmuran (kesejahteraan) pemilik atau pemegang saham dapat tercapai. Pada penelitian ini tujuan penelitian yang dingin dicapai adalah untuk menganalisis pengaruh keputusan investasi dan keputusan pendanaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI. Variabel-variabel yang diamati dalam penelitian ini terdiri dari Keputusan investasi (X1), keputusan pendanaan (X2), dan nilai perusahaan (Y). Populasi yang digunakan sebagai obyek penelitian adalah laporan perusahaan automotif yang go publik dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2004-2008. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Model yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM). Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan analisis SEM maka dapat diambil kesimpulan bahwa keputusan investasi berpengaruh positif dan signifian terhadap nilai perusahaan dan keputusan pendanaan berpengaruh negatif dan tidak signifian terhadap nilai perusahaan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001 Finance management. Business Finance. Corporation finance
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 04 Mar 2011 10:01
      Last Modified: 04 Mar 2011 10:01
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/701

      Actions (login required)

      View Item