PEMAKNAAN KARIKATUR “ANCANG-ANCANG CICAK VS BUAYA (Studi Semiotik Tentang Pemaknaan Karikatur “Ancang-Ancang Cicak vs Buaya” Pada Majalah Tempo Edisi 3-9 Agustus 2009)

AJI , WIDODO (2010) PEMAKNAAN KARIKATUR “ANCANG-ANCANG CICAK VS BUAYA (Studi Semiotik Tentang Pemaknaan Karikatur “Ancang-Ancang Cicak vs Buaya” Pada Majalah Tempo Edisi 3-9 Agustus 2009). Undergraduate thesis, UPN 'Veteran" JATIM.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (107Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (153Kb)

      Abstract

      Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pemaknaan karikatur ”Ancang-Ancang Cicak vs Buaya” Pada Majalah Tempo Edisi 3-9 Agustus 2009. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah komunikasi massa yang berfungsi untuk menyiarkan informasi, gagasan dan sikap kepada komunikan dalam jumlah yang banyak. Karikatur yaitu bagian dari opini penerbit dalam bentuk gambar khusus, dan teori semiotik charles sanders pierce. Metode deskriptif kualitatif merupakan metode pada penelitian ini dengan menggunakan analisis semiotika pierce, untuk menginterpretasikan representasi karikatur pada media cetak. Dengan metode semiotik peneliti menggali realitas yang didapatkan melalui interpretasi simbol dan gambar yang ditampilkan pada karikatur. Kesimpulan dari penelitian ini adalah saat ini bangsa Indonesia mengalami hal yang saat kritis dimana dua institusi penegak hukum yang dipercaya masyarakat sedang berselisih paham atas tindakan yang dilakukan kedua belah pihak, dari sisi Polri mereka sudah berani memenjarakan dua pimpinan KPK yang saat itu sangat gencar melawan ketidakadilan yang sudah diterima masyarakat, permasalahan hukum di Indonesia terjadi karena beberapa hal, baik dari sistem peradilannya, perangkat hukumnya, inkonsistensi penegakan hukum, intervensi kekuasaan, maupun perlindungan hukum.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 04 Mar 2011 10:37
      Last Modified: 04 Mar 2011 10:37
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/706

      Actions (login required)

      View Item