ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK MARGARIN MERK BLUEBAND

Mohammad, Agus Nur Salim (2014) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK MARGARIN MERK BLUEBAND. Jurnal Bisnis Indonesia, 5 (2). 101 p.-109 p.. ISSN 2087-2402

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (228Kb) | Preview

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apakah yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk margarin merk Blueband Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli dan menggunakan produk margarin merk Blueband di Pasar Tradisional Gresik. Penelitian ini menggunakan metode analisis analisis factor. Prinsip kerja analisis faktor adalah dari n variabel yang diamati dimana variabel mempunya korelasi maka dapat dikatakan bahwa variabel tersebut memiliki p faktor umum ( common faktor ) yang mendasari korelasi antar variabel dan juga m faktor unik ( unique faktor ) yang membedakan tiap variabel Hasil penelitian ini adalah : Faktor 1 teriri atas variabel harga sesuai kualitas, variasi harga, harga yang terjangkau, kemasan menarik dan kualitas produk. Dan kelompok faktor 1 tersebut menunjukkan bahwa item kualitas produk margarine merk Blueband yang dipertimbangkan paling dominan dalam keputusan pembelian produk margarine merk Blueband. Faktor 2 terdiri atas variabel iklan yang menarik di media cetak atau elektronik, mudah di dapat di toko kecil dan mudah di dapat di daerah pelosok. Dan faktor 2 tersebut menunjukkan bahwa item mudah di dapat di daerah pelosok yang paling dipertimbangkan paling dominan dalam keputusan pembelian produk margarine merk Blueband. Faktor 3 terdiri atas variabel adanya resep masakan dan demonstrasi penggunaan produk di media cetak atau elektronik. Dan kelompok faktor 3 tersebut menunjukkan bahwa item adanya resep masakan yang paling dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk margarine merk Blueband. Keywords: Price, Product, Promotion, Distribution and Consumer Considerations In Buying.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.32 Consumer Behavior
    Divisions: UPN Jatim Journal > Jurnal Bisnis Indonesia
    Depositing User: Fitri Yulianto
    Date Deposited: 19 Jul 2016 17:10
    Last Modified: 19 Jul 2016 17:11
    URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/7146

    Actions (login required)

    View Item