VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA KOMUTER SULAM (Studi Kasus Penumpang Kereta Api Komputer SULAM)

Denny , Rahardian Akbar and Sonja , Andarini (2014) VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA KOMUTER SULAM (Studi Kasus Penumpang Kereta Api Komputer SULAM). Jurnal Bisnis Indonesia, 5 (2). 181 p.-192 p.. ISSN 2087-2402

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (262Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek yang disebabkan oleh variabel perilaku konsumen yang terdiri dari kelompok variabel referensi, variabel persepsi, variabel motivasi, dan variabel gaya hidup pada pengambilan keputusan konsumen menggunakan komuter layanan kereta api SULAM Teknik purposive sampling Penelitian ini menggunakan 100 sampel kemudian dipilih dan objek penelitian ini adalah penumpang kereta api komuter SULAM. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kuantitatif, analisis simultan dan (analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS) parsial Dari hasil pengujian yang dilakukan, uji regresi simultan (uji F) menunjukkan bahwa semua variabel independen yang diteliti memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, uji regresi parsial (Uji T) menunjukkan bahwa kelompok referensi variabel, variabel persepsi, variabel motivasi , dan variabel gaya hidup memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Dan variabel gaya hidup memiliki pengaruh paling signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara sebagian besar variabel persepsi kecil berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Semua variabel independen atau variabel bebas berpengaruh, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel referensi, persepsi variabel, variabel motivasi, dan variabel gaya hidup secara bersamaan mempengaruhi keputusan untuk menggunakan kereta api komuter SULAM. Kata kunci: Keputusan Pembelian, Persepsi, Motivasi, dan Gaya Hidup

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.32 Consumer Behavior
    Divisions: UPN Jatim Journal > Jurnal Bisnis Indonesia
    Depositing User: Fitri Yulianto
    Date Deposited: 20 Jul 2016 08:20
    Last Modified: 20 Jul 2016 08:21
    URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/7154

    Actions (login required)

    View Item