PENGETAHUAN MASYARAKAT SURABAYA MENGENAI BERITA PILWALI SURABAY 2010 DI JAWA POS (Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya Mengenai Berita Pilwali Surabaya 2010 di Jawa Pos)

Tania , Novita I (2010) PENGETAHUAN MASYARAKAT SURABAYA MENGENAI BERITA PILWALI SURABAY 2010 DI JAWA POS (Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya Mengenai Berita Pilwali Surabaya 2010 di Jawa Pos). Undergraduate thesis, UPN 'Veteran" JATIM.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (190Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (221Kb)

      Abstract

      Sebagai media informasi harian Jawa Pos memberikan informasi seputar Pilwali Surabaya 2010 dalam rubric khusus “Pilwali 2010” yang diberitakan setiap hari. Kemudian bagaimana berita tersebut dapat mempengaruhi pengetahuan (aspek kognisi) khalayak yang dalam penelitian ini ditentukan berusia 17 – 18 tahun dan sebagai pemula dalam partisipasi Pilwali Surabaya. Sebagai seorang pemula mereka sangat membutuhkan informasi terkait pelaksanaa Pilwali Surabaya 2010. Landasan teori yang dipakai yaitu Teori S-O-R. Menurut teori ini efek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus terhadap stimulus khusus, sehingga seseorang dapat mengharapkan dan memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikan. Selain itu, teori ini menjelaskan tentang pengaruh yang terjadi pada pihak penerima sebagai akibat dari ilmu komunikasi. Metode penelitian ini menggunakan adalah sampel purposive, dimana peneliti membuat criteria tertentu dalam menentukan sampel yang akan dijadikan responden. pembuatan criteria tersebut bertujuan untuk mendukung tujuan penelitian. Kriterianya adalah masyarakat Surabaya yang berusia 17 – 18 tahun dan baru memiliki hak pilih (pemula) dalam Pilwali. Setelah melalui pengolahan data dari hasil kuisioner yang dibagikan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengetahuan masyarakat Surabaya mengenai berita Pilwali Surabaya 2010 terdapat pada kategori sedang. Dimana pemberitaan di Jawa Pos dapat menambah pengetahuan mereka tentang pelaksanaan Pilwali tetapi tidak secara keseluruhan mereka memahami Pilwali Surabaya 2010.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99.5 Nonverbal communication
      Divisions: UNSPECIFIED
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 04 Mar 2011 11:41
      Last Modified: 04 Mar 2011 11:41
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/716

      Actions (login required)

      View Item