Customer relationship management (CRM) dan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan Klinik Kecantikan Metamof Sidoarjo

Anindya Gita , Rachmawati and Suhartuti, - (2016) Customer relationship management (CRM) dan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan Klinik Kecantikan Metamof Sidoarjo. Jurnal mebis (manajemen dan bisnis), 1 (1). pp. 75-84. ISSN 2528-2433

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (59Kb) | Preview

    Abstract

    Klinik Kecantikan Metamorf merupakan salah satu klinik kecantikan yang berusaha memenuhi kebutuhan konsumen akan perawatan kecantikan mulai dari rambut, wajah dan badan. Penelitian ini dilakukan di klinik kecantikan metamorf cabang Sidoarjo yaitu di Jl. Pondok Jati AI-19, Sidoarjo yang merupakan cabang pertama kali dibuka dan telah memiliki banyak pelanggan baik dari masyarakat sekitar klinik maupun dari wilayah yang lebih jauh. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan pengelola klinik tersebut pada tahun kedua setelah pembukaan omset dari klinik ini bisa mencapai diatas 200jt per bulan, akan tetapi beliau mengatakan pada beberapa tahun belakangan ini omset tidak menunjukan kenaikan yang signifikan dan cenderung fluktuatif. Berdasarkan pantauan peneliti dilapangan klinik kecantikan metamorf Sidoarjo masih kurang dalam mengelola hubungan dengan pelanggan Oleh sebab itu maka dalam upaya menciptakan loyalitas pelanggan yang tinggi maka perlu melakukan manajemen hubungan pelanggan yang baik agar pelanggan yang ada tidak beralih ke klinik kecantikan lainnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan Klinik Kecantikan Metamorf Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 70 responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis yang dipergunakan adalah Partial Least Square [PLS] untuk mengetahui kausalitas antar variabel yang dianalisis. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diperoleh kesimpulan bahwa faktor Customer Relationship Management (CRM) berpengaruh positif terhadap faktor Loyalitas Pelanggan dapat diterima atau signifikan (positif). Artinya, model konseptual yang dikembangkan dan dilandasi oleh teori hampir sepenuhnya didukung oleh fakta. Kata Kunci : Loyalitas Pelanggan, Customer Relationship Management (CRM)

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.32 Consumer Behavior
    Divisions: UPN Jatim Journal > Jurnal Mebis (Manajemen dan Bisnis)
    Depositing User: Users 2 not found.
    Date Deposited: 03 Aug 2016 09:53
    Last Modified: 03 Aug 2016 09:54
    URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/7163

    Actions (login required)

    View Item