FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PENYELESAIAN PENYJIAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA

Putri , Ayu Adisti (2010) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PENYELESAIAN PENYJIAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (67Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (304Kb)

      Abstract

      FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PENYELESAIAN PENYJIAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA Oleh : Putri Ayu Adisti ABSTRAK Pelaporan keuangan merupakan sumber informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis. Laporan keuangan adalah salah satunya. Semakin cepat disampaikannya laporan keuangan, informasi yang terkandung di dalamnya makin bermanfaat, dan para pengguna laporan keuangan dapat mengambil keputusan yang lebih baik, baik dari segi kualitas maupun waktu. Dengan demikian perusahaan secara tidak langsung akan memperoleh manfaat yang lebih baik sebagai dampak dari diambilnya keputusan tersebut. Namun perlu diperhatikan lebih jauh, faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan. Faktor-faktor tersebut tidak terbatas pada faktor finansial saja namun juga faktor non-finansial. Variabel penelitian adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, likuiditas, umur perusahaan, rasio gearing dan ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Sampel penelitian ini adalah perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI sebanyak 10 perusahaan dengan periode pengamatan tahun 2004 sampai dengan tahun 2007. Menggunakan Non Random Sampling dengan metode purposives sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Logistik. Hipotesis penelitian ini tidak teruji kebenarannya, dapat dilihat dari hasil uji Wald (Tabel 4.8) menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan (X1) dengan hubungan tanda positif, profitabilitas (X2) dengan hubungan tanda negatif, likuiditas (X3) dengan hubungan tanda negatif, umur perusahaan (X4) dengan hubungan tanda negatif, dan rasio gearing (X5) dengan hubungan tanda negatif, secara parsial tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan (Y). Model regresi yang dihasilkan sesuai dan akurat dengan tingkat keakuratan sebesar 100%, begitu juga dengan kemampuan variabel ukuran perusahaan (X1), profitabilitas (X2), likuiditas (X3), umur perusahaan (X4), dan rasio gearing (X5) dalam menjelaskan variabel ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan (Y) adalah sebesar 100%.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      H Social Sciences > HG Finance
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 04 Mar 2011 11:49
      Last Modified: 04 Mar 2011 11:49
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/718

      Actions (login required)

      View Item